Sirait, Maria Nadia (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BELAJAR E-MODULTERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATISSISWA DI KELAS VIII SMP. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4193111078_Cover.pdf
Download (49kB)
4193111078_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
4193111078_Abstrak.pdf
Download (539kB)
4193111078_Kata_Pengantar.pdf
Download (384kB)
4193111078_Daftar_Isi.pdf
Download (308kB)
4193111078_Daftar_Gambar.pdf
Download (248kB)
4193111078_Daftar_Tabel.pdf
Download (383kB)
4193111078_Daftar_Lampiran.pdf
Download (251kB)
4193111078_BAB_I.pdf
Download (738kB)
4193111078_BAB_V.pdf
Download (565kB)
4193111078_Daftar_Pustaka.pdf
Download (527kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media belajar e-modul terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas VIII SMP. Sampel dari penelitian diperoleh dengan teknik pengambilan sampel acak berklaster yaitu mengambil sampel secara acak yang diambil secara berkelompok sehingga yang diperhatikan adalah kelompok sampel bukan karakteristik sampel secara individu. Sampel dari penelitian ini adalah VIII-F sebagai kelas eksperimen dan VIII-G sebagai kelas kontrol. Desain penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan dua kali test yaitu pretest dan posttest. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket respon siswa terhadap e-modul dan tes soal berbentuk essay berjumlah 5 soal. Data yang diperoroleh kemudian dianalisis menggunakan uji-t. berdasarkan analisis data posttest kelas eskperimen dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh �ℎ�����>������ yaitu 7,581 > 2,015 sehingga diperoleh rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen lebih dari rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas kontrol, maka terdapat pengaruh penggunaan media belajar e-modul terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas VII SMP dengan besar pengaruh penggunaan media belajar e-modul terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebanyak 3,3 termasuk kriteria sangat besar dengan menggunakan effect size Cohen’s d
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media belajar; Pemecahan masalah; Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 03 May 2024 05:18 |
Last Modified: | 03 May 2024 05:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56200 |