PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BELAJAR E-MODULTERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATISSISWA DI KELAS VIII SMP

Sirait, Maria Nadia (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BELAJAR E-MODULTERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATISSISWA DI KELAS VIII SMP. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4193111078_Cover.pdf] Text
4193111078_Cover.pdf

Download (49kB)
[thumbnail of 4193111078_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193111078_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4193111078_Abstrak.pdf] Text
4193111078_Abstrak.pdf

Download (539kB)
[thumbnail of 4193111078_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193111078_Kata_Pengantar.pdf

Download (384kB)
[thumbnail of 4193111078_Daftar_Isi.pdf] Text
4193111078_Daftar_Isi.pdf

Download (308kB)
[thumbnail of 4193111078_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193111078_Daftar_Gambar.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of 4193111078_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193111078_Daftar_Tabel.pdf

Download (383kB)
[thumbnail of 4193111078_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193111078_Daftar_Lampiran.pdf

Download (251kB)
[thumbnail of 4193111078_BAB_I.pdf] Text
4193111078_BAB_I.pdf

Download (738kB)
[thumbnail of 4193111078_BAB_V.pdf] Text
4193111078_BAB_V.pdf

Download (565kB)
[thumbnail of 4193111078_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193111078_Daftar_Pustaka.pdf

Download (527kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media belajar e-modul terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas VIII SMP. Sampel dari penelitian diperoleh dengan teknik pengambilan sampel acak berklaster yaitu mengambil sampel secara acak yang diambil secara berkelompok sehingga yang diperhatikan adalah kelompok sampel bukan karakteristik sampel secara individu. Sampel dari penelitian ini adalah VIII-F sebagai kelas eksperimen dan VIII-G sebagai kelas kontrol. Desain penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan dua kali test yaitu pretest dan posttest. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket respon siswa terhadap e-modul dan tes soal berbentuk essay berjumlah 5 soal. Data yang diperoroleh kemudian dianalisis menggunakan uji-t. berdasarkan analisis data posttest kelas eskperimen dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh �ℎ�����>������ yaitu 7,581 > 2,015 sehingga diperoleh rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen lebih dari rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas kontrol, maka terdapat pengaruh penggunaan media belajar e-modul terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas VII SMP dengan besar pengaruh penggunaan media belajar e-modul terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebanyak 3,3 termasuk kriteria sangat besar dengan menggunakan effect size Cohen’s d

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media belajar; Pemecahan masalah; Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 03 May 2024 05:18
Last Modified: 03 May 2024 05:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56200

Actions (login required)

View Item
View Item