Ujung, Triana Ayuningsih (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Concept Sentence Terhadap Keterampilan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tanah Pinem Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.2192411025 COVER.pdf
Download (69kB)
2. NIM.2192411025 APPROVAL SHEET.pdf
Download (1MB)
3. NIM.2192411025 ABSTRACT.pdf
Download (121kB)
4. NIM.2192411025 PREFACE.pdf
Download (160kB)
5. NIM.2192411025 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (91kB)
6. NIM.2192411025 LIST OF TABLE.pdf
Download (55kB)
7. NIM.2192411025 CHAPTER I.pdf
Download (382kB)
11. NIM.2192411025 CHAPTER V.pdf
Download (62kB)
12. NIM.2192411025 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (127kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk menganalisis keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanah Pinem Tahun Ajaran 2022/2023 dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional; (2) Untuk menganalisis keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanah Pinem Tahun
Ajaran 2022/2023 dengan menggunakan model pembelajaran Concept Sentence; (3) Untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Concept Sentence dalam meningkatkan keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 1
Tanah Pinem Tahun Ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen two group post-test design. Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanah Pinem. Populasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanah Pinem tahun ajaran 2022/2023 berjumlah 108 siswa yang terbagi menjadi 4 kelas. Dari 108 siswa, ditetapkan sampel pada penelitian ini yaitu kelas VII-A yang terdiri dari 27 siswa dan kelas VII-C yang terdiri dari 27 siswa. Pada penelitian ini peneliti menjadikan kelas VII-A sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas VII-C sebagai kelas Kontrol. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dengan menggunakan uji persyaratan analisis, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata keterampilan menulis teks fabel siswa menggunakan model pembelajaran konvensional adalah 62,25 tergolong ke dalam kategori cukup dan belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Sedangkan nilai
rata-rata keterampilan menulis teks fabel siswa menggunakan model pembelajaran concept sentence adalah 83,96 tergolong ke dalam kategori baik. Dengan demikian, dapat dikatakan nilai siswa menggunakan model pembelajaran concept sentence
lebih tinggi dibandingkan nilai siswa menggunakan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan uji t diperoleh nilai taraf signifikansi α = 0,05 dan n=27, diperoleh ttabel = 2,056. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel yaitu, 8,68 > 2,056, sehingga hipotesis nihil (Ho) ditolak dam hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Concept Sentence terhadap keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanah Pinem tahun ajaran 2022/2023
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Concept Sentence, Menulis, Teks Fabel. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 03 May 2024 04:55 |
Last Modified: | 03 May 2024 04:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56198 |