Safira, Shinta Dewi (2023) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Medan Tahun Ajar 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.2191111004 COVER.pdf
Download (57kB)
2. NIM.2191111004 APPROVAL SHEET.pdf
Download (1MB)
3. NIM.2191111004 ABSTRACT.pdf
Download (193kB)
4. NIM.2191111004 PREFACE.pdf
Download (172kB)
5. NIM.2191111004 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (135kB)
6. NIM.2191111004 LIST OF FIGURE.pdf
Download (80kB)
7. NIM.2191111004 LIST OF TABLE.pdf
Download (80kB)
8. NIM.2191111004 LIST OF APPENDIX.pdf
Download (79kB)
9. NIM.2191111004 CHAPTER I.pdf
Download (463kB)
13. NIM.2191111004 CHAPTER V.pdf
Download (108kB)
14. NIM.2191111004 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (107kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Medan tahun ajar 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Medan. Sampel yang diambil adalah kelas VIII Terpadu 1 dan kelas VIII Terpadu 5 masing-masing sebanyak 35 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain two group post-test design. Dari pengolahan data diperoleh hasil post-test kelompok eksperimen dengan nilai rata-rata = 83,75; standar deviasi = 7,03; standar error = 1,20; dan tergolong kategori sangat baik. Sedangkan hasil post-test kelompok kontrol dengan nilai rata-rata = 62,67; standar deviasi = 10,29; standar error = 1,76; dan tergolong kategori cukup. Berdasarkan pengujian hipotesis uji normalitas nilai post-test kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, diperoleh bahwa data yang digunakan berdistribusi normal. Selanjutnya pengujian hipotesis uji homogenitas diperoleh bahwa sampel yang digunakan berasal dari varian yang homogen. Pada pengujian hipotesis uji-t diperoleh nilai thitung yaitu sebesar 9,94; dan ttabel dengan taraf signifikansi α = 0,05 dengan dk n-1=35-1=34 diperoleh ttabel yaitu 1,691. Hal itu
menunjukkan bahwa nilai thitung (9,94) > ttabel (1,691), dan Ho ditolak, dengan ditolaknya Ho maka Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VIII SMP
Muhammadiyah 1 Medan tahun ajar 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | pengaruh, Children Learning In Science (CLIS), teks eksplanasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 02 May 2024 04:45 |
Last Modified: | 02 May 2024 04:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56121 |