Sinaga, Ewilda (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN CABRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 29 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4191111009_Cover.pdf
Download (46kB)
4191111009_Abstrak.pdf
Download (359kB)
4191111009_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
4191111009_Kata_Pengantar.pdf
Download (502kB)
4191111009_Daftar_Isi.pdf
Download (775kB)
4191111009_Daftar_Tabel.pdf
Download (474kB)
4191111009_Daftar_Gambar.pdf
Download (332kB)
4191111009_Daftar_Lampiran.pdf
Download (358kB)
4191111009_BAB_I.pdf
Download (845kB)
4191111009_BAB_V.pdf
Download (256kB)
4191111009_Daftar_Pustaka.pdf
Download (499kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan cabri dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII di SMP Negeri 29 Medan pada materi segiempat. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-4 SMP Negeri 29 Medan yang berjumlah 30 siswa. Objek Penelitian ini adalah Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Cabri pada materi segienpat di SMP Negeri 29 Medan Tahun ajaran 2022/2023. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata nilai tes awal sebesar 45,22 dengan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 4 (13,33%) siswa dan yang belum mencapai ketuntasan sebanyak 26 (86,67%) siswa. Maka dilakukan pembelajaran dengan model STAD berbantuan cabri pada siklus I dan rata-rata nilai tes kemampuan pemecahan masalah meningkat menjadi 66 dengan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 17 (56,67%) siswa dan yang belum mencapai ketuntasan sebanyak 13(43,33%) siswa. kemudian pada siklus II terjadi peningkatan, dimana rata-rata nilai tes kemampuan pemecahan masalah sebesar 82,66 dengan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 26 (86,67%) dan jumlah siswa yang belum mencapai ketuntasan sebanyak 4 (13,33%). Tingkat ketuntasan siswa dari tes kemampuan pemecahan masalah yang diberikan pada siklus II mencapai kategori baik, oleh karena itu dapat dikatakan pembelajaran telah tercapai. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kelas tersebut telah terdapat lebih dari 85% siswa yang telah tuntas untuk memecahkan masalah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Cabri dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika; Student Teams Achievement Division (STAD); Cabri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 01 May 2024 17:37 |
Last Modified: | 01 May 2024 17:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56074 |