PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN CABRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 29 MEDAN

Sinaga, Ewilda (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN CABRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 29 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4191111009_Cover.pdf] Text
4191111009_Cover.pdf

Download (46kB)
[thumbnail of 4191111009_Abstrak.pdf] Text
4191111009_Abstrak.pdf

Download (359kB)
[thumbnail of 4191111009_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4191111009_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4191111009_Kata_Pengantar.pdf] Text
4191111009_Kata_Pengantar.pdf

Download (502kB)
[thumbnail of 4191111009_Daftar_Isi.pdf] Text
4191111009_Daftar_Isi.pdf

Download (775kB)
[thumbnail of 4191111009_Daftar_Tabel.pdf] Text
4191111009_Daftar_Tabel.pdf

Download (474kB)
[thumbnail of 4191111009_Daftar_Gambar.pdf] Text
4191111009_Daftar_Gambar.pdf

Download (332kB)
[thumbnail of 4191111009_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4191111009_Daftar_Lampiran.pdf

Download (358kB)
[thumbnail of 4191111009_BAB_I.pdf] Text
4191111009_BAB_I.pdf

Download (845kB)
[thumbnail of 4191111009_BAB_V.pdf] Text
4191111009_BAB_V.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of 4191111009_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4191111009_Daftar_Pustaka.pdf

Download (499kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan cabri dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII di SMP Negeri 29 Medan pada materi segiempat. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-4 SMP Negeri 29 Medan yang berjumlah 30 siswa. Objek Penelitian ini adalah Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Cabri pada materi segienpat di SMP Negeri 29 Medan Tahun ajaran 2022/2023. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata nilai tes awal sebesar 45,22 dengan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 4 (13,33%) siswa dan yang belum mencapai ketuntasan sebanyak 26 (86,67%) siswa. Maka dilakukan pembelajaran dengan model STAD berbantuan cabri pada siklus I dan rata-rata nilai tes kemampuan pemecahan masalah meningkat menjadi 66 dengan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 17 (56,67%) siswa dan yang belum mencapai ketuntasan sebanyak 13(43,33%) siswa. kemudian pada siklus II terjadi peningkatan, dimana rata-rata nilai tes kemampuan pemecahan masalah sebesar 82,66 dengan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 26 (86,67%) dan jumlah siswa yang belum mencapai ketuntasan sebanyak 4 (13,33%). Tingkat ketuntasan siswa dari tes kemampuan pemecahan masalah yang diberikan pada siklus II mencapai kategori baik, oleh karena itu dapat dikatakan pembelajaran telah tercapai. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kelas tersebut telah terdapat lebih dari 85% siswa yang telah tuntas untuk memecahkan masalah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Cabri dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika; Student Teams Achievement Division (STAD); Cabri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 01 May 2024 17:37
Last Modified: 01 May 2024 17:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56074

Actions (login required)

View Item
View Item