Siregar, Evi Yanti P. (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.
4192411013_Cover.pdf
Download (116kB)
4192411013_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (830kB)
4192411013_Abstrak.pdf
Download (375kB)
4192411013_Kata_Pengantar.pdf
Download (988kB)
4192411013_Daftar_Isi.pdf
Download (172kB)
4192411013_Daftar_Tabel.pdf
Download (115kB)
4192411013_Daftar_Gambar.pdf
Download (113kB)
4192411013_Daftar_Lampiran.pdf
Download (142kB)
4192411013_BAB_I.pdf
Download (580kB)
4192411013_BAB_V.pdf
Download (113kB)
4192411013_Daftar_Pustaka.pdf
Download (239kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis siwa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together di kelas VIII SMP Negeri 3 Harian Tahun Ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi ekperimen. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan VIII A sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperati tipe Think Pair Share dan kelas kontrol diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas tes dengan menggunakan uji chi kuadrat dan uji homogenitas tes menggunakan uji F. Dari hasil pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa hasil tes kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Perolehan nilai rata-rata skor tes akhir (posttest) siswa kelas eksperimen yaitu sebesar 83,36 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 80,23. Selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis menggunakan uji t, diperoleh ������� (2,9472) > ������ (1,66864) yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Hal itu menandakan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemampuan komunikasi matematis; Pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share; Statistika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics > QA273 Probabilities. Mathematical statistics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 01 May 2024 17:18 |
Last Modified: | 01 May 2024 17:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56071 |