PENGARUH PENGALAMAN PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN (PLP) DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

PULUNGAN, DEWI AMALINA (2023) PENGARUH PENGALAMAN PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN (PLP) DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7192142003_Cover.pdf] Text
7192142003_Cover.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of 7192142003_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7192142003_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (325kB)
[thumbnail of 7192142003_Kata_Pengantar.pdf] Text
7192142003_Kata_Pengantar.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of 7192142003_Abstrak.pdf] Text
7192142003_Abstrak.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of 7192142003_Daftar_Isi.pdf] Text
7192142003_Daftar_Isi.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of 7192142003_Daftar_Tabel.pdf] Text
7192142003_Daftar_Tabel.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of 7192142003_Daftar_Gambar.pdf] Text
7192142003_Daftar_Gambar.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of 7192142003_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7192142003_Daftar_Lampiran.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of 7192142003_BAB_I.pdf] Text
7192142003_BAB_I.pdf

Download (386kB)
[thumbnail of 7192142003_BAB_V.pdf] Text
7192142003_BAB_V.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of 7192142003_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7192142003_Daftar_Pustaka.pdf

Download (255kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2019 dan 2020 yang berjumlah 148 mahasiswa dan sampel sebanyak 108 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner). Uji validitas dengan menggunakan teknik analisis product moment dan reliabilitas angket menggunakan rumus Alpha Croanbanch. Data yang diperoleh dianalisis dengan Analisis Regresi Linier Berganda, Uji Asumsi Klasik dan Uji Hipotesis menggunakan aplikasi SPSS Versi 25.
Dari hasil analisis regresi linear berganda diperoleh nilai Y = 13,383 + 0,435X1 + 0,392X2. Hasil pengujian dari hipotesis pertama secara simultan, terdapat pengaruh signifikan antara pengalaman pengenalan lapangan persekolahan (PLP) dan lingkungan keluarga secara bersama-sama terhadap kesiapan menjadi guru dengan nilai Fhitung > Ftabel 17,302 > 3,145 dan nilai signifikansi sebsesar 0,000 < 0,05. Hasil pengujian dari hipotesis kedua secara parsial, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pengalaman pengenalan lapangan persekolahan (PLP) terhadap kesiapan menjadi guru dengan nilai thitung > ttabel 3,173 > 1,982 dan nilai signifikansi 0,002 < 0,05. Dan hasil dari hipotesis ketiga secara parsial, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan keluarga terhadap kesiapan menjadi guru dengan nilai thitung > ttabel 2,414 > 1,982 dan nilai signifikansi 0,018 < 0,05. Kemudia hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,529 atau 52,9 % dan sisanya sisanya 47,1% dijelaskan oleh variabel lain yang relevan dan tidak dikaji dalam penelitian ini.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa secara simultan dan parsial, pengalaman pengenalan lapangan persekolahan (PLP) dan lingkungan keluarga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kesiapan menjadi guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengalaman Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP), Lingkungan Keluarga, Kesiapan Menjadi Guru
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 04 May 2024 15:51
Last Modified: 04 May 2024 15:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56066

Actions (login required)

View Item
View Item