PULUNGAN, DEWI AMALINA (2023) PENGARUH PENGALAMAN PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN (PLP) DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7192142003_Cover.pdf
Download (94kB)
7192142003_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (325kB)
7192142003_Kata_Pengantar.pdf
Download (220kB)
7192142003_Abstrak.pdf
Download (103kB)
7192142003_Daftar_Isi.pdf
Download (126kB)
7192142003_Daftar_Tabel.pdf
Download (97kB)
7192142003_Daftar_Gambar.pdf
Download (69kB)
7192142003_Daftar_Lampiran.pdf
Download (70kB)
7192142003_BAB_I.pdf
Download (386kB)
7192142003_BAB_V.pdf
Download (97kB)
7192142003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (255kB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2019 dan 2020 yang berjumlah 148 mahasiswa dan sampel sebanyak 108 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner). Uji validitas dengan menggunakan teknik analisis product moment dan reliabilitas angket menggunakan rumus Alpha Croanbanch. Data yang diperoleh dianalisis dengan Analisis Regresi Linier Berganda, Uji Asumsi Klasik dan Uji Hipotesis menggunakan aplikasi SPSS Versi 25.
Dari hasil analisis regresi linear berganda diperoleh nilai Y = 13,383 + 0,435X1 + 0,392X2. Hasil pengujian dari hipotesis pertama secara simultan, terdapat pengaruh signifikan antara pengalaman pengenalan lapangan persekolahan (PLP) dan lingkungan keluarga secara bersama-sama terhadap kesiapan menjadi guru dengan nilai Fhitung > Ftabel 17,302 > 3,145 dan nilai signifikansi sebsesar 0,000 < 0,05. Hasil pengujian dari hipotesis kedua secara parsial, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pengalaman pengenalan lapangan persekolahan (PLP) terhadap kesiapan menjadi guru dengan nilai thitung > ttabel 3,173 > 1,982 dan nilai signifikansi 0,002 < 0,05. Dan hasil dari hipotesis ketiga secara parsial, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan keluarga terhadap kesiapan menjadi guru dengan nilai thitung > ttabel 2,414 > 1,982 dan nilai signifikansi 0,018 < 0,05. Kemudia hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,529 atau 52,9 % dan sisanya sisanya 47,1% dijelaskan oleh variabel lain yang relevan dan tidak dikaji dalam penelitian ini.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa secara simultan dan parsial, pengalaman pengenalan lapangan persekolahan (PLP) dan lingkungan keluarga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kesiapan menjadi guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengalaman Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP), Lingkungan Keluarga, Kesiapan Menjadi Guru |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 04 May 2024 15:51 |
Last Modified: | 04 May 2024 15:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56066 |