SINAGA, ASTRI ERIKA (2023) PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI MEDIA SOSIAL TIK TOK TERHADAP PEMANFAATAN WAKTU BELAJAR DI RUMAH DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SMA N 1 PAHAE JULU T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7193341016_Cover.pdf
Download (39kB)
7193341016_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (300kB)
7193341016_Kata_Pengantar.pdf
Download (386kB)
7193341016_Abstrak.pdf
Download (402kB)
7193341016_Daftar_Isi.pdf
Download (298kB)
7193341016_Daftar_Tabel.pdf
Download (271kB)
7193341016_Daftar_Gambar.pdf
Download (238kB)
7193341016_Daftar_Lampiran.pdf
Download (240kB)
7193341016_BAB_I.pdf
Download (736kB)
7193341016_BAB_V.pdf
Download (425kB)
7193341016_Daftar_Pustaka.pdf
Download (265kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi media sosial tik tok terhadap pemanfaatan waktu belajar di rumah dan minat belajar siswa kelas X SMA N 1 Pahae Julu T.A 2022/2023. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan, 2023. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 1 Pahae Julu dan sampel yang digunakan yaitu kelas X-IPS 1 dan X-IPS 2 yang berjumlah 70 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan melakukan observasi, dokumentasi dan angket. uji validitas angket menggunakan kolerasi Product Moment dan uji reabilitasnya dihitung dengan menggunakan rumus Alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis linier sederhana, uji hipotesis parsial, uji hipotesis simultan dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel penggunaan aplikasi media sosial tik tok (X) memiliki pengaruh negatif terhadap pemanfaatan waktu belajar di rumah (Y2) karena memiliki nilai thitung > ttabel (-3,015 > 1,665). Variabel penggunaan aplikasi media sosial tik tok terhadap minat belajar (Y2) memiliki pengaruh negatif karena memiliki nilai thitung > ttabel (-3,015> 1,665). Hasil perhitungan analisis regresi linear sederhana, koefisien regresi Y=50,750-0,347X dan Y=48,092-0,294X. penggunaan aplikasi media sosial tik tok terhadap pemanfaatan waktu belajar di rumah sebesar 0,118 yang ditunjukkan koefisien determinasi 11,8% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar analisa penelitian ini. sedangkan penggunaan aplikasi media sosial tik tok terhadap minat belajar sebesar 0,114 yang ditunjukkan koefisien determinasi 11,4% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar analisa penelitian ini.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka ditarik kesimpulan bahwa baik secara parsial maupun simultan penggunaan aplikasi media sosial tik tok (X) berpengaruh negatif terhadap pemanfaatan waktu belajar di rumah (Y1) dan minat belajar siswa (Y2) pada siswa kelas X IPS pada mata pelajaran ekonomi SMA N 1
Pahae Julu T.A 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Aplikasi Media Sosial Tik Tok, Pemanfaatan Waktu Belajar Di Rumah, Minat Belajar |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 04 May 2024 13:38 |
Last Modified: | 04 May 2024 13:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56043 |