HARAHAP, DHEA ANNISA PUTRI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD BERBANTU MEDIA KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI DI SMKS MUHAMMADIYAH 04 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7191142005_Cover.pdf
Download (68kB)
7191142005_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (221kB)
7191142005_Kata_Pengantar.pdf
Download (173kB)
7191142005_Abstrak.pdf
Download (107kB)
7191142005_Daftar_Isi.pdf
Download (93kB)
7191142005_Daftar_Tabel.pdf
Download (58kB)
7191142005_Daftar_Gambar.pdf
Download (57kB)
7191142005_Daftar_Lampiran.pdf
Download (57kB)
7191142005_BAB_I.pdf
Download (397kB)
7191142005_BAB_V.pdf
Download (85kB)
7191142005_Daftar_Pustaka.pdf
Download (273kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas X Akuntansi di SMKS Muhammadiyah 04 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) berbantu media kahoot berpengaruh tinggi dibandingkan dengan hasil belajar menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas X Akuntansi di SMKS Muhammadiyah 04 Medan.
Penelitian ini dilaksanakan di SMKS Muhammadiyah 04 Medan. Jenis penelitian merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian yakni seluruh siswa kelas X Akuntansi yang terdiri dari 3 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yaitu sampel diambil atas dasar pertimbangan tertentu. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AKL 1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 39 orang dan siswa kelas X AKL 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 36 orang. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu model STAD berbantu media kahoot sedangkan variabel terikat yaitu hasil belajar kognitif siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui pemberian pretest dan postest. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan bantuan SPSS versi 22.
Dari hasil analisis data, nilai rata-rata hasil pre-test pada kelas eksperimen adalah 37,64 dan kelas kontrol 39,10. Nilai rata-rata post-test kelas eksperimen adalah 79,86 dan kelas kontrol adalah 68,72. Hasil analisis data penelitian adalah berdistribusi normal dan homogen dalam penelitian ini, maka syarat untuk melakukan uji hipotesis melalui Independen Sample T-Test terpenuhi. Pada uji hipotesis melalui Independen Sample T-Test, didapatkan hasil bahwa nilai sig.(2- tailed) sebesar 0.000 < 0.05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar akuntansi siswa antara kelas eksperimen (STAD berbantu media kahoot) dengan kelas kontrol (konvensional). Karena ada perbedaan maka dapat dikatakan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran STAD berbantu media kahoot terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X AKL pada materi jurnal penyesuaian di SMKS Muhammadiyah 04 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran STAD, Media Kahoot, Hasil Belajar Akuntansi. |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 05 May 2024 07:25 |
Last Modified: | 05 May 2024 07:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56028 |