PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS VIII SMP

Hasugian, Eskana Laurensia (2023) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS VIII SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193311075_Cover.pdf] Text
4193311075_Cover.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 4193311075_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193311075_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (427kB)
[thumbnail of 4193311075_Abstrak.pdf] Text
4193311075_Abstrak.pdf

Download (289kB)
[thumbnail of 4193311075_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193311075_Kata_Pengantar.pdf

Download (258kB)
[thumbnail of 4193311075_Daftar_Isi.pdf] Text
4193311075_Daftar_Isi.pdf

Download (356kB)
[thumbnail of 4193311075_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193311075_Daftar_Tabel.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 4193311075_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193311075_Daftar_Gambar.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of 4193311075_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193311075_Daftar_Lampiran.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of 4193311075_BAB_I.pdf] Text
4193311075_BAB_I.pdf

Download (473kB)
[thumbnail of 4193311075_BAB_V.pdf] Text
4193311075_BAB_V.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of 4193311075_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193311075_Daftar_Pustaka.pdf

Download (89kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan model pembelajaran Problem Based Learning. Teknik yang digunakan dalam pemilihan sampel adalah simple random sampling, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-3 dan VIII-4 dengan masing masing kelas terdiri dari 30 siswa. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan adalah penelitian Quasy Eksperimental Design. Pada penelitian ini, desain penelitian yang digunakan adalah pretest- posttest control group design, dengan teknik pengumpulan data wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis perbedaan dua rata – rata dengan menggunakan rumus uji t. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan pemecahanan masalah matematika siswa pada kelas yang mendapat perlakuan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terjadi peningkatan sebesar 42,55 %, sedangkan pada siswa yang mendapat perlakuan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sebesar 47,55 %. Kemudian, dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh diperoleh �ℎ����� = −2,643 dan ������ = 1,6723 maka diperoleh �ℎ����� < − ������ . Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik dari pada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share di VIII- SMP

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika; Model Pembelajaran Problem Based Learning; Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 01 May 2024 10:46
Last Modified: 01 May 2024 10:46
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56015

Actions (login required)

View Item
View Item