Hasugian, Eskana Laurensia (2023) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS VIII SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4193311075_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193311075_Cover.pdf
Download (212kB)
![[thumbnail of 4193311075_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193311075_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (427kB)
![[thumbnail of 4193311075_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193311075_Abstrak.pdf
Download (289kB)
![[thumbnail of 4193311075_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193311075_Kata_Pengantar.pdf
Download (258kB)
![[thumbnail of 4193311075_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193311075_Daftar_Isi.pdf
Download (356kB)
![[thumbnail of 4193311075_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193311075_Daftar_Tabel.pdf
Download (210kB)
![[thumbnail of 4193311075_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193311075_Daftar_Gambar.pdf
Download (208kB)
![[thumbnail of 4193311075_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193311075_Daftar_Lampiran.pdf
Download (236kB)
![[thumbnail of 4193311075_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193311075_BAB_I.pdf
Download (473kB)
![[thumbnail of 4193311075_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193311075_BAB_V.pdf
Download (176kB)
![[thumbnail of 4193311075_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193311075_Daftar_Pustaka.pdf
Download (89kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan model pembelajaran Problem Based Learning. Teknik yang digunakan dalam pemilihan sampel adalah simple random sampling, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-3 dan VIII-4 dengan masing masing kelas terdiri dari 30 siswa. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan adalah penelitian Quasy Eksperimental Design. Pada penelitian ini, desain penelitian yang digunakan adalah pretest- posttest control group design, dengan teknik pengumpulan data wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis perbedaan dua rata – rata dengan menggunakan rumus uji t. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan pemecahanan masalah matematika siswa pada kelas yang mendapat perlakuan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terjadi peningkatan sebesar 42,55 %, sedangkan pada siswa yang mendapat perlakuan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sebesar 47,55 %. Kemudian, dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh diperoleh �ℎ����� = −2,643 dan ������ = 1,6723 maka diperoleh �ℎ����� < − ������ . Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik dari pada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share di VIII- SMP
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika; Model Pembelajaran Problem Based Learning; Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 01 May 2024 10:46 |
Last Modified: | 01 May 2024 10:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56015 |