Harahap, Enni Eria (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR AKTIVITAS SISWA BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS XI. Undergraduate thesis, UNIMED.
4191111067_Cover.pdf
Download (275kB)
4191111067_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (358kB)
4191111067_Abstrak.pdf
Download (389kB)
4191111067_Kata_Pengantar.pdf
Download (74kB)
4191111067_Daftar_Isi.pdf
Download (399kB)
4191111067_Daftar_Tabel.pdf
Download (387kB)
4191111067_Daftar_Gambar.pdf
Download (361kB)
4191111067_Daftar_Lampiran.pdf
Download (386kB)
4191111067_BAB_I.pdf
Download (632kB)
4191111067_BAB_V.pdf
Download (243kB)
4191111067_Daftar_Pustaka.pdf
Download (298kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan LAS yang valid,efektif dan praktis berbasis penemuan terbimbing pada materi persamaan trigonometri untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMAS Eria Medan T.A 2023/2024. Instrumen pengumpulan data terdiri dari tes hasil belajar berupa soal essay, lembar angket respon siswa dan lembar validasi ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas LAS yang dikembangkan berbasis penemuan terbimbing pada materi persamaan trigonometri dilihat dari aspek kevalidannya memperoleh skor rata- rata penilaian LAS dari tim ahli adalah sebesar 89,8 (valid) dan berdasarkan aspek kepraktisannya dengan hasil angket respon siswa menggunakan LAS berbasis penemuan terbimbing adalah sebesar 95,17 (praktis) dan berdasarkan aspek keefektifannya dengan hasil ketuntasan belajar klasikal, indikator pembelajaran, respon siswa dan waktu pembelajaran adalah sebesar 89,46 (efektif). Peningkatan hasil belajar siswa pada tes awal sebesar 47,92 dan tes akhir sebesar 90 sehingga meningkat sebesar 42,08. Adapun hasil penelitian menggunakan N – Gain yaitu sebesar 0,80 yang termasuk kategori tinggi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan LAS; Penemuan Terbimbing; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 01 May 2024 10:04 |
Last Modified: | 01 May 2024 10:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56011 |