PENGEMBANGAN LEMBAR AKTIVITAS SISWA BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS XI

Harahap, Enni Eria (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR AKTIVITAS SISWA BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS XI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4191111067_Cover.pdf] Text
4191111067_Cover.pdf

Download (275kB)
[thumbnail of 4191111067_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4191111067_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (358kB)
[thumbnail of 4191111067_Abstrak.pdf] Text
4191111067_Abstrak.pdf

Download (389kB)
[thumbnail of 4191111067_Kata_Pengantar.pdf] Text
4191111067_Kata_Pengantar.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of 4191111067_Daftar_Isi.pdf] Text
4191111067_Daftar_Isi.pdf

Download (399kB)
[thumbnail of 4191111067_Daftar_Tabel.pdf] Text
4191111067_Daftar_Tabel.pdf

Download (387kB)
[thumbnail of 4191111067_Daftar_Gambar.pdf] Text
4191111067_Daftar_Gambar.pdf

Download (361kB)
[thumbnail of 4191111067_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4191111067_Daftar_Lampiran.pdf

Download (386kB)
[thumbnail of 4191111067_BAB_I.pdf] Text
4191111067_BAB_I.pdf

Download (632kB)
[thumbnail of 4191111067_BAB_V.pdf] Text
4191111067_BAB_V.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of 4191111067_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4191111067_Daftar_Pustaka.pdf

Download (298kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan LAS yang valid,efektif dan praktis berbasis penemuan terbimbing pada materi persamaan trigonometri untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMAS Eria Medan T.A 2023/2024. Instrumen pengumpulan data terdiri dari tes hasil belajar berupa soal essay, lembar angket respon siswa dan lembar validasi ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas LAS yang dikembangkan berbasis penemuan terbimbing pada materi persamaan trigonometri dilihat dari aspek kevalidannya memperoleh skor rata- rata penilaian LAS dari tim ahli adalah sebesar 89,8 (valid) dan berdasarkan aspek kepraktisannya dengan hasil angket respon siswa menggunakan LAS berbasis penemuan terbimbing adalah sebesar 95,17 (praktis) dan berdasarkan aspek keefektifannya dengan hasil ketuntasan belajar klasikal, indikator pembelajaran, respon siswa dan waktu pembelajaran adalah sebesar 89,46 (efektif). Peningkatan hasil belajar siswa pada tes awal sebesar 47,92 dan tes akhir sebesar 90 sehingga meningkat sebesar 42,08. Adapun hasil penelitian menggunakan N – Gain yaitu sebesar 0,80 yang termasuk kategori tinggi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan LAS; Penemuan Terbimbing; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 01 May 2024 10:04
Last Modified: 01 May 2024 10:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56011

Actions (login required)

View Item
View Item