Simbolon, Enikristina (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMK. Undergraduate thesis, UNIMED.
4193311050_Cover.pdf
Download (155kB)
4193311050_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
4193311050_Abstrak.pdf
Download (834kB)
4193311050_Kata_Pengantar.pdf
Download (863kB)
4193311050_Daftar_Isi.pdf
Download (1MB)
4193311050_Daftar_Tabel.pdf
Download (639kB)
4193311050_Daftar_Gambar.pdf
Download (478kB)
4193311050_Daftar_Lampiran.pdf
Download (740kB)
4193311050_BAB_I.pdf
Download (4MB)
4193311050_BAB_V.pdf
Download (369kB)
4193311050_Daftar_Pustaka.pdf
Download (2MB)
Abstract
Adanya pergeseran peningkatan kualitas pendidikan sehingga menyebabkan rendahnya pencapaian serta ketertinggalan pembelajaran peserta didik khususnya pelajaran matematika yang belum optimal, yang menyebabkan kemampuan berpikir kritis masih belum berkembang dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran Matematika terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Matematika di SMK. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan adalah penelitian Quasy Eksperimental Design. Pada penelitian ini, desain yang digunakan adalah pretest-postest control group design, teknik pengumpulan data yang akan digunakan peneliti yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis perbedaan dua rata-rata dengan menggunakan rumus uji t. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada kelas yang mendapat perlakuan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) lebih baik, terjadi peningkatan sebesar 44,5%, sehingga peningkatan ini lebih signifikan daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensioal sebesar 31,1 %. Kemudian, dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 3,554 dan 2,000, maka diperoleh thitung > (3,554 > 2,000). Maka Ho ditolak dan HI diterima. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran menggunakan problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMK
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengaruh; Problem Based Learning (PBL); Kemampuan Berpikir Kritis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 01 May 2024 09:58 |
Last Modified: | 01 May 2024 09:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56010 |