PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMK

Simbolon, Enikristina (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMK. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193311050_Cover.pdf] Text
4193311050_Cover.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of 4193311050_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193311050_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4193311050_Abstrak.pdf] Text
4193311050_Abstrak.pdf

Download (834kB)
[thumbnail of 4193311050_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193311050_Kata_Pengantar.pdf

Download (863kB)
[thumbnail of 4193311050_Daftar_Isi.pdf] Text
4193311050_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4193311050_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193311050_Daftar_Tabel.pdf

Download (639kB)
[thumbnail of 4193311050_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193311050_Daftar_Gambar.pdf

Download (478kB)
[thumbnail of 4193311050_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193311050_Daftar_Lampiran.pdf

Download (740kB)
[thumbnail of 4193311050_BAB_I.pdf] Text
4193311050_BAB_I.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 4193311050_BAB_V.pdf] Text
4193311050_BAB_V.pdf

Download (369kB)
[thumbnail of 4193311050_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193311050_Daftar_Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Adanya pergeseran peningkatan kualitas pendidikan sehingga menyebabkan rendahnya pencapaian serta ketertinggalan pembelajaran peserta didik khususnya pelajaran matematika yang belum optimal, yang menyebabkan kemampuan berpikir kritis masih belum berkembang dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran Matematika terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Matematika di SMK. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan adalah penelitian Quasy Eksperimental Design. Pada penelitian ini, desain yang digunakan adalah pretest-postest control group design, teknik pengumpulan data yang akan digunakan peneliti yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis perbedaan dua rata-rata dengan menggunakan rumus uji t. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada kelas yang mendapat perlakuan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) lebih baik, terjadi peningkatan sebesar 44,5%, sehingga peningkatan ini lebih signifikan daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensioal sebesar 31,1 %. Kemudian, dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 3,554 dan 2,000, maka diperoleh thitung > (3,554 > 2,000). Maka Ho ditolak dan HI diterima. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran menggunakan problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMK

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengaruh; Problem Based Learning (PBL); Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 01 May 2024 09:58
Last Modified: 01 May 2024 09:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56010

Actions (login required)

View Item
View Item