PERBEDAAN ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DAN EKSPOSITORI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 BATANG KUIS

Silaban, Yemima Eymizia (2023) PERBEDAAN ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DAN EKSPOSITORI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 BATANG KUIS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193111045_Cover.pdf] Text
4193111045_Cover.pdf

Download (56kB)
[thumbnail of 4193111045_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193111045_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (270kB)
[thumbnail of 4193111045_Abstrak.pdf] Text
4193111045_Abstrak.pdf

Download (223kB)
[thumbnail of 4193111045_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193111045_Kata_Pengantar.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of 4193111045_Daftar_Isi.pdf] Text
4193111045_Daftar_Isi.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 4193111045_BAB_I.pdf] Text
4193111045_BAB_I.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of 4193111045_BAB_V.pdf] Text
4193111045_BAB_V.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of 4193111045_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193111045_Daftar_Pustaka.pdf

Download (205kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dan Ekspositori terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas XI SMA Negeri 1 Batang Kuis. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest control group. Variabel bebas penelitian ini yaitu model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan model pembelajaran Ekspositori, sementara variabel terikat pada penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIA di SMA Negeri 1 Batang Kuis yang terdiri dari 5 (lima) kelas. Penarikan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian yaitu kelas XI MIA-2 (kelas eksperimen) dan XI MIA-1 (kelas kontrol). Sebelum dilakukan pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji normalitas menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov, dan uji homogenitas dengan uji Levene’s Test. Dari
pengujian tersebut diperoleh bahwa hasil pretest kelas sampel berdistribusi normal dan homogen, dengan demikian peneliti dapat melanjutkan memberi perlakuan kepada kedua kelas sampel. Begitu juga dengan data hasil posttest telah
terbukti normal dan homogen sehingga peneliti dapat melakukan uji hipotesis menggunakan uji-t pada taraf nyata a = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh bahwa �ℎ����� > ������ (2,239 > 1,994), maka �0 ditolak dan �� diterima.
Sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan Ekspositori terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas XI SMA Negeri 1 Batang Kuis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.071 2 Sil p
Keywords: Pembelajaran kooperatif; Think pair share; Pembelajaran ekspositori; Pemecahan masalah matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 30 Apr 2024 09:02
Last Modified: 30 Apr 2024 09:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55990

Actions (login required)

View Item
View Item