Silaban, Yemima Eymizia (2023) PERBEDAAN ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DAN EKSPOSITORI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 BATANG KUIS. Undergraduate thesis, UNIMED.
4193111045_Cover.pdf
Download (56kB)
4193111045_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (270kB)
4193111045_Abstrak.pdf
Download (223kB)
4193111045_Kata_Pengantar.pdf
Download (189kB)
4193111045_Daftar_Isi.pdf
Download (87kB)
4193111045_BAB_I.pdf
Download (225kB)
4193111045_BAB_V.pdf
Download (152kB)
4193111045_Daftar_Pustaka.pdf
Download (205kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dan Ekspositori terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas XI SMA Negeri 1 Batang Kuis. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest control group. Variabel bebas penelitian ini yaitu model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan model pembelajaran Ekspositori, sementara variabel terikat pada penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIA di SMA Negeri 1 Batang Kuis yang terdiri dari 5 (lima) kelas. Penarikan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian yaitu kelas XI MIA-2 (kelas eksperimen) dan XI MIA-1 (kelas kontrol). Sebelum dilakukan pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji normalitas menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov, dan uji homogenitas dengan uji Levene’s Test. Dari
pengujian tersebut diperoleh bahwa hasil pretest kelas sampel berdistribusi normal dan homogen, dengan demikian peneliti dapat melanjutkan memberi perlakuan kepada kedua kelas sampel. Begitu juga dengan data hasil posttest telah
terbukti normal dan homogen sehingga peneliti dapat melakukan uji hipotesis menggunakan uji-t pada taraf nyata a = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh bahwa �ℎ����� > ������ (2,239 > 1,994), maka �0 ditolak dan �� diterima.
Sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan Ekspositori terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas XI SMA Negeri 1 Batang Kuis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Sil p |
Keywords: | Pembelajaran kooperatif; Think pair share; Pembelajaran ekspositori; Pemecahan masalah matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 09:02 |
Last Modified: | 30 Apr 2024 09:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55990 |