Agustina, Klara Delima (2016) PENGARUH PEMASARAN RELASIONAL TERHADAP KEPUASAN NASABAH YANG BERDAMPAK PADA LOYALITAS NASABAH (STUDI PADA NASABAH ASURANSI JIWA BERSAMA (AJB) BUMI PUTERA 1912 CABANG PEMATANGSIANTAR). Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7123210032 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM 7123210032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (685kB) | Preview
3. NIM 7123210032 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
4. NIM 7123210032 PREFACE.pdf - Published Version
Download (422kB) | Preview
5. NIM 7123210032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
6. NIM 7123210032 TABLE.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
7. NIM 7123210032 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM 7123210032 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9. NIM 7123210032 CHAPTER I .pdf - Published Version
Download (625kB) | Preview
13. NIM 7123210032 CHAPTER V .pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
14. NIM 7123210032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
Abstract
Kesadaran masyarakat Indonesia terhadap pentingnya bersuransi telah berkembang pesat. Kondisi ini terlihat dengan semakin banyaknya perusahaan asuransi dengan beragam produk yang ditawarkan di masyarakat. Namun meskipun demikian, kesadaran terhadap pentingnya asuransi tidak sejalan dengan pembelian polis asuransi. Kondisi yang demikian membuat Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 yang merupakan perusahaan asuransi lokal menerapkan konsep pemasaran relasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung maupun tidak langsung pemasaran relasional yang terdiri dari komitmen dan kepercayaan terhadap loyalitas nasabah serta mengetahui pengaruh antara kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pemegang polis aktif Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumi Putera Cabang Pematangsiantar yang telah menjadi nasabah minimal lima tahun serta pernah mengajukan klaim terhadap asuransi yang dimiliki yakni sebanyak 2.750 nasabah dan sampel penelitian ini berjumlah 100 orang yang diperoleh dengan menggunakan rumus slovin dengan teknik pengambilan data random sampling.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuisioner pada seluruh responden dimana kuisioner diuji terlebih dahulu dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas pada 30 responden. Teknis analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas data, uji multikolinearitas, dan uji linearitas. Selain itu juga digunakan model analisis jalur (path analysis) untuk menguji pengaruh langsung dan tidak langsung antar variabel dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t dengan tingkat signifikansi sebesar 5% (0.05).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial komitmen berpengaruh positif secara langsung maupun tidak langsung terhadap loyalitas nasabah, kepercayaan berpengaruh negatif secara langsung dan berpengaruh positif secara langsung terhadap loyalitas nasabah, serta kepuasan nasabah berpengaruh positif secara langsung terhadap loyalitas nasabah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAJ 012 |
Keywords: | Pemasaran Relasional; Komitmen; Kepercayaan; Kepuasan; Loyalitas |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ2005 Income and expenditure. Budget |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 07 Jun 2016 01:15 |
Last Modified: | 07 Jun 2016 01:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5597 |