Ardhian, Muhammad Ichsan (2023) Pengembangan Materi Ajar Teks Fabel Berbentuk Leaflet Berbantuan Canva elas VII SMP. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.2193111005 COVER.pdf
Download (307kB)
2. NIM.2193111005 APPROVAL SHEET.pdf
Download (1MB)
3. NIM.2193111005 ABSTRACT.pdf
Download (240kB)
4. NIM.2193111005 PREFACE.pdf
Download (205kB)
5. NIM.2193111005 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (111kB)
6. NIM.2193111005 LIST OF FIGURE.pdf
Download (53kB)
7. NIM.2193111005 LIST OF TABLE.pdf
Download (53kB)
8. NIM.2193111005 LIST OF APPENDIX.pdf
Download (53kB)
9. NIM.2193111005 CHAPTER I.pdf
Download (217kB)
13. NIM.2193111005 CHAPTER V.pdf
Download (108kB)
15. NIM.2193111005 ENCLOSURE.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi ajar teks fabel berbentuk leaflet berbantuan canva kelas VII SMP. Materi ajar ini diharapkan mampu membantu siswa dalam melaksanakan proses belajar mengajar di kelas. Penelitian
ini merupakan penelitian pengembangan (RnD) yang menggunakan prosedur penelitian Borg and Gall. Produk yang dikembangkan dari penelitian ini adalah materi ajar teks fabel berbentuk leaflet berbantuan canva kelas VII SMP. Subjek penelitian pengembangan ini diantaranya validator ahli materi, validator ahli media, guru mata pelajaran, dan siswa kelas VII Terpadu 1 SMP Muhammadiyah 1 Medan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan diantaranya wawancara dengan guru mata pelajaran dan angket yang akan digunakan untuk mengetahui
kebutuhan siswa dan validasi kelayakan terhadap produk yang dikembangkan. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar angket kebutuhan siswa, validasi ahli materi, ahli media dan guru mata pelajaran. Hasil penelitian ini
menunjukkan jika produk yang dikembangkan dari penelitian ini yaitu materi ajar teks fabel berbentuk leaflet berbantuan canva kelas VII SMP sudah dalam kualifikasi sangat baik/sangat layak dengan nilai dari validator ahli materi sebesar 91,1%, validator ahli media sebesar 74,2% dan guru mata pelajaran sebesar 93,3% dan didapatkan rata-rata nilai sebesar 86,2% sehingga dapat disimpulkan produk pada penelitian ini sangat layak untuk digunakan oleh siswa dalam pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan, Materi ajar, Teks fabel, Leaflet |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 04:16 |
Last Modified: | 30 Apr 2024 04:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55940 |