Pasaribu, Floren Sartika (2023) PENGARUH VARIASI MEDIA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI ASAM BASA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4193331039_Cover.pdf
Download (49kB)
4193331039_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (283kB)
4193331039_Abstrak.pdf
Download (240kB)
4193331039_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
4193331039_Daftar_Isi.pdf
Download (92kB)
4193331039_Daftar_Gambar.pdf
Download (33kB)
4193331039_Daftar_Tabel.pdf
Download (34kB)
4193331039_Daftar_Lampiran.pdf
Download (237kB)
4193331039_BAB_I.pdf
Download (351kB)
4193331039_BAB_V.pdf
Download (240kB)
4193331039_Daftar_Pustaka.pdf
Download (535kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dengan variasi media yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning dan untuk mengetahui hasil belajar dan aktivitas belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media video animasi powtoon lebih tinggi dibandingkan hasil belajar dan aktvitas belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media powerpoint. Penelitian ini menggunakan dua kelas eksperimen dimana pada kelas eksperimen I diberikan pembelajaran menggunakan model
Problem Based Learning dengan media video animasi powtoon, kelas eksperimen II menggunakan model Probem Based Learning dengan media powerpoint. Sebelum diberikan perlakuan, diberikan pretest dimana pada kelas eksperimen I diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebesar 38,59 dan pada kelas eksperimen II sebesar 35,47. Setelah diberikan perlakuan dan diberikan
posstest, diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen I sebesar 90,63 dengan rata-rata aktivitas belajar sebesar 88,47 dan pada kelas eksperimen II rata-rata hasil belajar sebesar 87,03dengan rata-rata aktivitas belajar
78,28 . Kedua kelas eksperimen mengalami peningkatan hasil belajar setelah diberikan perlakuan namun rata-rata peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar pada eksperimen I lebih tinggi dibandingkan kelas eskperimen II. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh hasil belajar dan aktivitas siswa dengan variasi media yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learningdan pengaruh video animasi powtoon menggunakan media video animasi powtoon lebih tinggi dibandingkan media powerpoint
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Video animasi; Aktivitas belajar; hasil belajar siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 01:35 |
Last Modified: | 30 Apr 2024 01:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55864 |