UP A Y A MENINGKATKAN KEMAMPUAN BE R P I K IR KREATIF SISWA KELAS VIII SMP N EGERI 17 MEDAN MELALUIPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME)

Damanik, Feby Greciana (2023) UP A Y A MENINGKATKAN KEMAMPUAN BE R P I K IR KREATIF SISWA KELAS VIII SMP N EGERI 17 MEDAN MELALUIPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME). Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4193111022_Cover.pdf] Text
4193111022_Cover.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of 4193111022_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193111022_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (616kB)
[thumbnail of 4193111022_Abstrak.pdf] Text
4193111022_Abstrak.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of 4193111022_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193111022_Kata_Pengantar.pdf

Download (435kB)
[thumbnail of 4193111022_Daftar_Isi.pdf] Text
4193111022_Daftar_Isi.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of 4193111022_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193111022_Daftar_Gambar.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 4193111022_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193111022_Daftar_Tabel.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 4193111022_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193111022_Daftar_Lampiran.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 4193111022_BAB_I.pdf] Text
4193111022_BAB_I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4193111022_BAB_V.pdf] Text
4193111022_BAB_V.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of 4193111022_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193111022_Daftar_Pustaka.pdf

Download (215kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP Negeri 17 Medan. (2) mengidentifikasi peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa setelah diterapkan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) pada pokok bahasan balok
dan kubus di SMP Negeri 17 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Medan pada semester genap T.A. 2022/2023 yang berjumlah 26
orang. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kreatif siswa dengam menerapkan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) pada materi bangun ruang sisi datar (balok dan kubus). Instrument penelitian dalam pengumpulan data berupa tes. Sebelum tindakan dilakukan terlebih dahulu diberikan tes kemampuan awal untuk mengetahui kemampuan awal berpikir kreatif matematika siswa. Dari hasil tes awal diperoleh 3 orang (11,53%) siswa yang berhasil dalam menyelesaikan tes awal kemampuan berpikir kreatif. Pada tes siklus I, 13 orang (50%) yang berhasil menyelesaikan tes kemampuan berpikir kreatif. Pada tes siklus II, 25 orang (96,15%) yang berhasil menyelesaikan tes kemampuan berpikir kreatif. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) mengalami peningkatan di kelas VIII-1 SMP Negeri 17 Medan Tahun Ajaran 2022/2023

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Matematika realistis; Kemampuan Berpikir Kreatif; Penelitian Tindakan Kelas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 29 Apr 2024 03:30
Last Modified: 29 Apr 2024 03:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55779

Actions (login required)

View Item
View Item