Damanik, Feby Greciana (2023) UP A Y A MENINGKATKAN KEMAMPUAN BE R P I K IR KREATIF SISWA KELAS VIII SMP N EGERI 17 MEDAN MELALUIPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME). Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4193111022_Cover.pdf
Download (115kB)
4193111022_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (616kB)
4193111022_Abstrak.pdf
Download (174kB)
4193111022_Kata_Pengantar.pdf
Download (435kB)
4193111022_Daftar_Isi.pdf
Download (188kB)
4193111022_Daftar_Gambar.pdf
Download (110kB)
4193111022_Daftar_Tabel.pdf
Download (110kB)
4193111022_Daftar_Lampiran.pdf
Download (139kB)
4193111022_BAB_I.pdf
Download (1MB)
4193111022_BAB_V.pdf
Download (143kB)
4193111022_Daftar_Pustaka.pdf
Download (215kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP Negeri 17 Medan. (2) mengidentifikasi peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa setelah diterapkan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) pada pokok bahasan balok
dan kubus di SMP Negeri 17 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Medan pada semester genap T.A. 2022/2023 yang berjumlah 26
orang. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kreatif siswa dengam menerapkan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) pada materi bangun ruang sisi datar (balok dan kubus). Instrument penelitian dalam pengumpulan data berupa tes. Sebelum tindakan dilakukan terlebih dahulu diberikan tes kemampuan awal untuk mengetahui kemampuan awal berpikir kreatif matematika siswa. Dari hasil tes awal diperoleh 3 orang (11,53%) siswa yang berhasil dalam menyelesaikan tes awal kemampuan berpikir kreatif. Pada tes siklus I, 13 orang (50%) yang berhasil menyelesaikan tes kemampuan berpikir kreatif. Pada tes siklus II, 25 orang (96,15%) yang berhasil menyelesaikan tes kemampuan berpikir kreatif. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) mengalami peningkatan di kelas VIII-1 SMP Negeri 17 Medan Tahun Ajaran 2022/2023
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Matematika realistis; Kemampuan Berpikir Kreatif; Penelitian Tindakan Kelas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 29 Apr 2024 03:30 |
Last Modified: | 29 Apr 2024 03:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55779 |