Purba, Irma (2022) METODE PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER PADA MATERI LAGU - LAGU NASIONAL DI SMP METHODIST VII MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2173142015 COVER.pdf
Download (222kB)
2. NIM 2173111020 APPROVAL SHEET.pdf
Download (665kB)
3. NIM 2173142015 ABSTRACT.pdf
Download (402kB)
4. NIM 2173142015 PREFACE.pdf
Download (433kB)
5. NIM 2173142015 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (215kB)
6. NIM 2173142015 LIST OF TABLE.pdf
Download (211kB)
8. NIM 2173142015 CHAPTER I.pdf
Download (730kB)
12. NIM 2173142015 CHAPTER V.pdf
Download (371kB)
13. NIM 2173142015 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (296kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode numbered heads together pada materi lagu – lagu nasional dan untuk melihat hasil belajar kemampuan siswa dalam mempraktikkan lagu – lagu nasional oleh SMP Methodist VII Medan. Metode pembelajaran yang di pakai adalah metode numbered heads together di kelas VIII-A SMP Methodist VII Medan yang dilaksanakan pada tanggal 04 Nobember 2021 di Jln. Madong Lubis No. 7 Kota Medan. Penelitian ini menggunakan teori pembelajaran, teori model pembelajaran, metode pembelajaran, materi pembelajaran, media pembelajaran, teori model pembelajaran numbered heads together, teori tempo, teori melodi, teori artikulasi, teori irama, teori nilai, teori nada, teori harmoni dan teori syair lagu. Penlitian ini juga menggunakan menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan sampel 30 orang siswa pada kelas VIII-A yang mengikuti pembelajaran secara luring dan seorang guru seni budaya di SMP Methodist VII Medan. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa pembelajaran lagu – lagu nasional dengan menggunakan metode pembelajaran numbered heads together di kelas VIII-A di SMP Methodist VII Medan dilaksanakan dengan dua kali pertemuan dean masing-masing pertemuan terdapat tiga tahap yaitu pendahuluan, inti, penutup dengan dua kali pertemuan secara tatap muka (luring) Hasil belajar yang dicapai siswa lebih baik dan efesien dengan model pembelajaran numbered heads together yang didalamnya mencakup penilaian kognitif dan juga penalaran serta pemahaman siswa secara sistematis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Metode Pembelajaran; Numbered Heads Together; Hasil Belajar Lagu – Lagu Nasional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools M Music and Books on Music > M Music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 29 Apr 2024 03:18 |
Last Modified: | 29 Apr 2024 03:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55774 |