Manullang, Elisabet (2023) Pengaruh Metode Pembelajaran Brainstorming Terhadap Keterampilan Menulis Teks Ulasan Cerpen Siswa Kelas VIII SMPN 35 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.2192411017 COVER.pdf
Download (1MB)
2. NIM.2192411017 APPROVAL SHEET.pdf
Download (813kB)
3. NIM.2192411017 ABSTRACT.pdf
Download (1MB)
4. NIM.2192411017 PREFACE.pdf
Download (151kB)
5. NIM.2192411017 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (1MB)
6. NIM.2192411017 LIST OF TABLE.pdf
Download (1MB)
7. NIM.2192411017 LIST OF APPENDIX.pdf
Download (1MB)
8. NIM.2192411017 CHAPTER I.pdf
Download (1MB)
12. NIM.2192411017 CHAPTER V.pdf
Download (1MB)
13. NIM.2192411017 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (1MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini ialah: (1) Menilai kemampuan siswa dalam menyusun teks ulasan cerpen dengan menggunakan metode pembelajaran Brainstorming. (2) Menjelaskan hasil keterampilan menulis teks ulasan cerpen siswa kelas VIII SMP
Negeri 34 Medan tahun ajaran 2022–2023 dengan menggunakan metode pembelajaran Brainstorming. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan metode penelitian eksperimen. Dengan desain penelitian One group pre-test and post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Medan. Teknik Purposive sampling digunakan untuk mengumpulkan sampel, dengan Kelas VIII7 ditunjuk sebagai kelas eksperimen. Metode tes berbentuk tes menulis teks ulasan cerpen merupakan strategi yang digunakan untuk mengumpulkan data. Temuan penelitian ini adalah: (1) kemampuan siswa menulis teks ulasan cerpen memiliki perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan metode pembelajaran Brainstorming; dan (2) metode pembelajaran Brainstorming berdampak pada kemampuan siswa belajar menulis teks ulasan cerpen. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) rata-rata dari skor nilai pre-test ialah 40,725 dengan standar deviasi 17,96; dan 2) rata-rata dari skor nilai post-test ialah 74,59 dengan standar deviasi 18,109. Peningkatan sebesar 33,9% yang terjadi melalui selisih nilai Pre-test dan Post-test. Hasil perhitungan uji normalitas, diperoleh: 1) nilai Lhitung Pre-test = - 0,1481 dan Ltabel = 0,159 maka Lhitung< Ltabel yaitu -0,1481 < 0,159. Hal ini
membuktikan bahwa data pre test berdistribusi normal; 2) nilai Lhitung Post-test= - 0,0357 dan Ltabel = 0,159 maka Lhitung< Ltabel yaitu -0,0357 < 0,159. Hal ini membuktikan bahwa data post-test berdistribusi normal. Hasil perhitungan uji hipotesis Thitung= 7,25 dengan tabel t pada taraf signifikan 0,05 dengan df = N-1, df = 31-1 = 30 pada taraf nyata α = 0,05 = 2,042. Dikarenakan thitung > ttabel, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran Brainstorming terhadap keterampilan menulis teks ulasan cerpen siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Medan tahun Ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Brainstorming, Menulis, Teks Ulasan Cerpen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 25 Apr 2024 08:04 |
Last Modified: | 25 Apr 2024 08:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55612 |