Pengaruh Metode Pembelajaran Brainstorming Terhadap Keterampilan Menulis Teks Ulasan Cerpen Siswa Kelas VIII SMPN 35 Medan Tahun Ajaran 2022/2023

Manullang, Elisabet (2023) Pengaruh Metode Pembelajaran Brainstorming Terhadap Keterampilan Menulis Teks Ulasan Cerpen Siswa Kelas VIII SMPN 35 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM.2192411017 COVER.pdf] Text
1. NIM.2192411017 COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. NIM.2192411017 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM.2192411017 APPROVAL SHEET.pdf

Download (813kB)
[thumbnail of 3. NIM.2192411017 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM.2192411017 ABSTRACT.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4. NIM.2192411017 PREFACE.pdf] Text
4. NIM.2192411017 PREFACE.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of 5. NIM.2192411017 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM.2192411017 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 6. NIM.2192411017 LIST OF TABLE.pdf] Text
6. NIM.2192411017 LIST OF TABLE.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7. NIM.2192411017 LIST OF APPENDIX.pdf] Text
7. NIM.2192411017 LIST OF APPENDIX.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8. NIM.2192411017 CHAPTER I.pdf] Text
8. NIM.2192411017 CHAPTER I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 12. NIM.2192411017 CHAPTER V.pdf] Text
12. NIM.2192411017 CHAPTER V.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 13. NIM.2192411017 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
13. NIM.2192411017 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah: (1) Menilai kemampuan siswa dalam menyusun teks ulasan cerpen dengan menggunakan metode pembelajaran Brainstorming. (2) Menjelaskan hasil keterampilan menulis teks ulasan cerpen siswa kelas VIII SMP
Negeri 34 Medan tahun ajaran 2022–2023 dengan menggunakan metode pembelajaran Brainstorming. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan metode penelitian eksperimen. Dengan desain penelitian One group pre-test and post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Medan. Teknik Purposive sampling digunakan untuk mengumpulkan sampel, dengan Kelas VIII7 ditunjuk sebagai kelas eksperimen. Metode tes berbentuk tes menulis teks ulasan cerpen merupakan strategi yang digunakan untuk mengumpulkan data. Temuan penelitian ini adalah: (1) kemampuan siswa menulis teks ulasan cerpen memiliki perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan metode pembelajaran Brainstorming; dan (2) metode pembelajaran Brainstorming berdampak pada kemampuan siswa belajar menulis teks ulasan cerpen. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) rata-rata dari skor nilai pre-test ialah 40,725 dengan standar deviasi 17,96; dan 2) rata-rata dari skor nilai post-test ialah 74,59 dengan standar deviasi 18,109. Peningkatan sebesar 33,9% yang terjadi melalui selisih nilai Pre-test dan Post-test. Hasil perhitungan uji normalitas, diperoleh: 1) nilai Lhitung Pre-test = - 0,1481 dan Ltabel = 0,159 maka Lhitung< Ltabel yaitu -0,1481 < 0,159. Hal ini
membuktikan bahwa data pre test berdistribusi normal; 2) nilai Lhitung Post-test= - 0,0357 dan Ltabel = 0,159 maka Lhitung< Ltabel yaitu -0,0357 < 0,159. Hal ini membuktikan bahwa data post-test berdistribusi normal. Hasil perhitungan uji hipotesis Thitung= 7,25 dengan tabel t pada taraf signifikan 0,05 dengan df = N-1, df = 31-1 = 30 pada taraf nyata α = 0,05 = 2,042. Dikarenakan thitung > ttabel, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran Brainstorming terhadap keterampilan menulis teks ulasan cerpen siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Medan tahun Ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Brainstorming, Menulis, Teks Ulasan Cerpen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 25 Apr 2024 08:04
Last Modified: 25 Apr 2024 08:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55612

Actions (login required)

View Item
View Item