Harahap, Alwi Rahman (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 7 BINJAI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4163311005_Cover.pdf
Download (126kB)
4163311005_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (529kB)
4163311005_Abstrak.pdf
Download (247kB)
4163311005_Kata_Pengantar.pdf
Download (965kB)
4163311005_Daftar_Isi.pdf
Download (244kB)
4163311005_Daftar_Gambar.pdf
Download (234kB)
4163311005_Daftar_Tabel.pdf
Download (114kB)
4163311005_Daftar_Lampiran.pdf
Download (114kB)
4163311005_BAB_I.pdf
Download (586kB)
4163311005_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
4163311005_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (801kB)
4163311005_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
4163311005_BAB_V.pdf
Download (242kB)
4163311005_Daftar_Pustaka.pdf
Download (385kB)
4163311005_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang belajar menggunakan model Pembelejaran Kooperatif Tipe STAD, deskripsi proses jawaban siswa dalam pembelajaran menggunakan model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, dan kesulitan proses berpikir kreatif siswa yang dibelajarkan menggunakan model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada materi bentuk aljabar di kelas VIII SMP Negeri 7 Binjai. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII- 7 SMP Negeri 7 Binjai T.A 2022/ 2023 yang berjumlah 22 orang. Objek penelitian ini adalah kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diberi model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Berdasarkan analisis data tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis dari 22 orang siswa dengan kemampuan berpikir kreatif ‘sangat rendah’ sebanyak 18,18%, kemampuan berpikir kreatif ‘rendah’ sebanyak 27,27%, kemampuan berpikir kreatif ‘sedang’ sebanyak 31,82%, kemampuan berpikir kreatif ‘tinggi’ sebanyak 18,18%, dan kemampuan berpikir kreatif ‘sangat tinggi’ sebanyak 4,55%. Analisis kesulitan proses berpikir kreatif matematis penelitian ini yaitu ketidakmampuan memberikan banyak ide, ketidakmampuan menyelesaikan masalah dari sudut pandang yang berbeda, ketidakmampuan menyelesaikan masalah dengan cara sendiri, dan ketidakmampuan mengembangkan atau merinci secara detil suatu situasi. Sehingga pembelajaran dengan menerapkan model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, khususnya dalam proses berpikir kreatif matematis memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengeksplorasi berbagai macam jawaban maupun cara penyelesaian dengan memperhatikan aspek. menerapkan model pembelajaran matematis
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Berpikir Kreatif; Model pemeblajaran; Matematika |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
| Date Deposited: | 24 Apr 2024 07:20 |
| Last Modified: | 21 Oct 2025 04:20 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55476 |
