Rumahorbo, Dina Ulva Jelita (2023) Efektivitas Penerapan Teknik 3M (Mengamati, Meniru Dan Menambahi) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Drama Pada Siswa Kelas VIII UPT SMP Negeri 37 Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.2192411021 COVER.pdf
Download (66kB)
2. NIM.2192411021 APPROVAL SHEET.pdf
Download (470kB)
3. NIM.2192411021 ABSTRACT.pdf
Download (151kB)
4. NIM.2192411021 PREFACE.pdf
Download (161kB)
5. NIM.2192411021 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (160kB)
6. NIM.2192411021 LIST OF TABLE.pdf
Download (35kB)
7. NIM.2192411021 LIST OF APPENDIX.pdf
Download (32kB)
8. NIM.2192411021 CHAPTER I.pdf
Download (353kB)
12. NIM.2192411021 CHAPTER V.pdf
Download (127kB)
13. NIM.2192411021 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (128kB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui (1) kemampuan menulis teks drama dengan menggunakan teknik 3M pada siswa kelas VIII SMP Negri 37 Medan. (2) Mengetahui kemampuan menulis teks drama tanpa menggunakan teknik 3M pada siswa kelas VIII SMP Negri 37 Medan. (3) Mengetahui
efektivitas teknik 3M sebagai teknik belajar yang dalam menunjang kemampuan menulis teks drama pada siswa kelas VIII SMP Negri 37 Medan. subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII UPT SMP Negeri 37 Medan, dengan sampel sebanyak 62 siswa. Siswa yang diberi pembelajaran dengan teknik 3M adalah sebanyak 31 siswa dan yang diberi teknik konvensional adalah sebanyak 31 siswa. Adapun instrumen yang digunakan di dalam penelitian ini adalah kelengkapan unsur pembangun teks drama, struktur dan kaidah kebahasaan teks drama. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, di mana penarikan sampel dilakukan dengan cara nonprobability sampling. Data yang didapatkan diperoleh melalui observasi. Tehnik analisis data menggunakan uji
persyaratan analisis data, uji normalitas data, uji homogenitas, pengujian hipotesis. nilai rata-rata pada kelas eksperimen adalah 76,05 yang termasuk ke dalam kategori baik. Kedua, nilai rata-rata pada kelas kontrol adalah 47,09 yang termasuk ke dalam kategori sangat kurang. Ketiga, hasil dari uji hipotesis, ternyata dinyatakan bahwa yang diperoleh bernilai lebih besar dari yaitu, 14,55 > 1,69, sehingga ditolak, dan hipotesis diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa teknik 3M memang efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks drama
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Teknik 3M, Kemampuan Menulis, Teks Drama |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PR English literature > PR621 Drama Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 24 Apr 2024 04:25 |
Last Modified: | 24 Apr 2024 04:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55448 |