Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Menulis Surat Siswa Kelas VII SMP Kemala Bhayangkari 1 Tahun Ajaran 2022/2023

Waruwu, Asri Handayani (2023) Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Menulis Surat Siswa Kelas VII SMP Kemala Bhayangkari 1 Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM.2162111010 COVER.pdf] Text
1. NIM.2162111010 COVER.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of 2. NIM.2162111010 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
2. NIM.2162111010 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (922kB)
[thumbnail of 3. NIM.2162111010 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM.2162111010 ABSTRACT.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 4. NIM.2162111010 PREFACE.pdf] Text
4. NIM.2162111010 PREFACE.pdf

Download (350kB)
[thumbnail of 5. NIM.2162111010 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM.2162111010 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (259kB)
[thumbnail of 6. NIM.2162111010 LIST OF TABLE.pdf] Text
6. NIM.2162111010 LIST OF TABLE.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of 7. NIM.2162111010 LIST OF APPENDIX.pdf] Text
7. NIM.2162111010 LIST OF APPENDIX.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of 8. NIM.2162111010 CHAPTER I.pdf] Text
8. NIM.2162111010 CHAPTER I.pdf

Download (612kB)
[thumbnail of 12. NIM.2162111010 CHAPTER V.pdf] Text
12. NIM.2162111010 CHAPTER V.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of 13. NIM.2162111010 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
13. NIM.2162111010 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (354kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran berdiferensiasi menulis surat siswa kelas VII SMP Kemala Bhayangkari 1 yang dibatasi menjadi pembelajaran berdiferensiasi produk menulis surat pribadi. Data dan sumber data diperoleh dari kelas VII-B SMP Kemala Bhayangkari 1 dengan siswa berjumlah 21 orang serta guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi lembar kerja siswa, wawancara dengan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi produk yang diterapkan oleh guru mengacu pada kesiapan belajar siswa dan minat belajar siswa. Pembelajaran berdiferensiasi menulis surat pribadi berdasarkan kesiapan
belajar siswa termasuk ke dalam kategori baik dengan persentase 100% sesuai dengan 4 tahapan pembelajaran berdiferensiasi produk. Dari 21 siswa, sebanyak 14% siswa sangat siap belajar, 43% siswa siap belajar, 29% siswa belum siap belajar, 14% siswa sangat belum siap belajar. Pembelajaran berdiferensiasi produk menulis surat pribadi berdasarkan minat belajar siswa termasuk ke dalam kategori baik dengan persentase 75% sesuai dengan 4 tahapan pembelajaran berdiferensiasi produk. Dari 7 siswa yang memiliki minat seni, sebanyak 100% siswa menulis surat pribadi sesuai minatnya. Dari 8 siswa yang memiliki bakat
kegiatan fisik, sebanyak 62,5% siswa menulis surat pribadi sesuai minatnya. Dari 5 siswa, sebanyak 20% siswa menulis surat pribadi sesuai minatnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pembelajaran Berdiferensiasi, Surat Pribadi, Siswa SMP Kelas VII
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 23 Apr 2024 04:35
Last Modified: 23 Apr 2024 07:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55309

Actions (login required)

View Item
View Item