Sembiring, Dedi Hermawan (2016) PENGARUH KEPRIBADIAN GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SOS SMA N 1 KABANJAHE TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7103141024 COVER.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
2. NIM 7103141024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (394kB) | Preview
4. NIM 7103141024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
3. NIM 7103141024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
5. NIM 7103141024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
6. NIM 7103141024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 7103141024 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM 7103141024 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 7103141024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
13. NIM 7103141024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
14. NIM 7103141024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepribadian guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SOS di SMA N 1 Kabanjahe Tahun Ajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Kabanjahe. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SOS yang berjumlah 126 orang dan sampel berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kepribadian guru dan motivasi belajar berupa angket yang berjumlah 20 soal untuk masing-masing variabel dan studi dokumen (DKN) untuk variabel prestasi belajar siswa. Validitas tes diuji dengan menggunakan teknik korelasi product moment. Reliabel tes diuji dengan menggunakan rumus Alpha Cronbarch. Kemudian data dianalisis dengan rumus regresi linear berganda. Selanjutnya untuk menguji hipotesis secara secara parsial uji t dan secara simultan digunakan uji F.
Setelah uji validitas untuk variabel X1, dan X2 dilakukan dengan masing-masing variabel 20 instrumen hasilnya kesulurannya valid. Dan untuk hasil uji reliabilitas angket diperoleh 0,840 > 0,3494 (r11 > rtabel) untuk penggunaan kepribadian guru dan 0,806 > 0,3494 (r11 > rtabel) untuk motivasi belajar. Hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan garis linear Y = 58,853 + 0,251 X1 + 0.152 X2 . Secara parsial menunjukkan bahwa ada pengaruh kepribadian guru terhadap prestasi belajar sebesar 2,803 (28,03%) dan ada pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar sebesar 2,134 (21,34%) dan untuk uji f diperoleh Fhitung sebesar 43,170 sedangkan Ftabel pada taraf kesalahan 5 % sebesar 3,32 berarti Fhitung > Ftabel ( 43,170 > 3,32 ) maka hipotesis Ha3 diterima atau ada pengaruh positif antara kepribadian guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SOS di SMA N 1 Kabanjahe Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 NIAGA 009 |
Keywords: | Kepribadian Guru; Motivasi Belajar; Prestasi Belajar Ekonomi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 27 May 2016 06:50 |
Last Modified: | 27 May 2016 06:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5505 |