Pengaruh Penerapan Aplikasi Spotify Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Medan

Hasan, Jihan Septiani (2023) Pengaruh Penerapan Aplikasi Spotify Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 2192111002 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 2192111002 COVER.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 2192111002 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 2192111002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (656kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 2192111002 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 2192111002 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 2192111002 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 2192111002 PREFACE.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 2192111002 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 2192111002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 2192111002 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM 2192111002 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 2192111002 LIST OF FIGURE.pdf]
Preview
Text
7. NIM 2192111002 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 2192111002 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 2192111002 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 2192111002 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 2192111002 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (695kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 2192111002 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 2192111002 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (350kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 2192111002 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 2192111002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (517kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan kemampuan menulis teks
cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 6 Medan dengan menerapkan model
pembelajaran kontekstual berbantuan aplikasi spotify sebagai media pembelajaran;
(2) Mendeskripsikan kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA
Negeri 6 Medan dengan menerapkan model pembelajaran kontekstual tanpa
bantuan aplikasi spotify sebagai media pembelajaran; (3) Mendeskripsikan
pengaruh penerapan model pembelajaran kontekstual berbantuan aplikasi spotify
sebagai media pembelajaran terhadap kemampuan menulis teks cerpen siswa
kelas XI SMA Negeri 6 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
eksperimen dengan posttest-only control design. Populasi penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 6 Medan. Sampel penelitian ini adalah siswa
kelas XI MIA 4 dan XI MIA 2, dengan pengambilan sampel secara simple
random sampling. Hasil penelitian ini dianalisis menggunakan analisis statistik
desksriptif dan inferensial serta persyaratan analisis statistik uji normalitas dan
homogenitas dengan bantuan perhitungan Mc. Exel. Berdasarkan analisis data,
diperoleh beberapa temuan, diantaranya: (1) Hasil perhitungan data deskriptif
menunjukkan nilai rata-rata kelas yang menerapkan model pembelajaran
kontekstual berbantuan aplikasi spotify sebagai media pembelajaran teks cerpen
adalah 82,2 serta standar deviasinya adalah 11,51347 dan nilai rata-rata kelas yang
menerapkan model pembelajaran kontekstual tanpa bantuan aplikasi spotify
sebagai media pembelajaran teks cerpen adalah adalah 54,8 serta standar
deviasinya adalah 21,43725. (2) Hasil perhitungan uji normalitas chi kuadrat pada
kelas yang diberi perlakuan didapatkan hasil Lhitung = 4,9401, sedangkan Ltabel
dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh Ltabel = 12,5915. Sehingga, diperoleh
Lhitung< Ltabel atau 4,9401<12,5915, artinya data menulis siswa kelas yang diberi
perlakuan berdistribusi normal. (3) Hasil perhitungan uji normalitas chi kuadrat
pada kelas yang tidak diberi perlakuan didapatkan hasil Lhitung = 11,0938,
sedangkan Ltabel dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh Ltabel=12,5915. Sehingga,
diperoleh Lhitung<Ltabel atau 11,0938<12,5915, artinya data menulis siswa kelas
yang tidak diberi perlakuan adalah berdistribusi normal. (4) Hasil perhitungan uji
homogenitas diperoleh Fhitung<Ftabel yaitu 0,294267<0,565931. Berarti, varians
pada kedua kelompok yang diambil sebagai sampel berasal dari populasi yang
homogen. (5) Hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 6,699 dan ttabel =
1,667. Kriteria pengujian yaitu terima Ha dan tolak Ho jika thitung>ttabel. Data
penelitian ini memperoleh nilai thitung>ttabel yaitu 6,699>1,667, dengan demikian
Ha diterima, artinya adanya pengaruh yang signifikan pada penerapan model
pembelajaran kontekstual berbantuan aplikasi spotify sebagai media pembelajaran
terhadap kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 6 Medan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model pembelajaran kontekstual, Spotify, Cerpen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 19 Mar 2024 06:37
Last Modified: 19 Mar 2024 06:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55042

Actions (login required)

View Item
View Item