Simanjuntak, Fri Silvia (2023) Pengaruh Metode Estafet Writing Terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerpen Kelas XI SMA N 1 Habinsaran T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2191111007 COVER.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
2. NIM 2191111007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (617kB) | Preview
3. NIM 2191111007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
4. NIM 2191111007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
5. NIM 2191111007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
6. NIM 2191111007 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
7. NIM 2191111007 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
8. NIM 2191111007 LIST OF APPENDIX.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
9. NIM 2191111007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (496kB) | Preview
13. NIM 2191111007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
14. NIM 2191111007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (491kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujun untuk mengetahui (1) Mengetahui kemampuan
menulis teks cerpen peserta didik SMA kelas XI SMA N 1 Habinsaran
menggunakan metode konvensional. (2) Mengetahui kemampuan menulis teks
cerpen peserta didik SMA kelas XI Habinsaran menggunakan metode Estafet
Writing. (3) Mengetahui apakah penggunaan metode Estafet Writing lebih
berpengaruh dibanding penggunaan metode konvensional terhadap kemampuan
menulis cerpen peserta didik SMA kelas XI SMA N 1 Habinsaran. Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA N 1 Habinsaran dengan sampel
sebanyak 72 orang peserta didik dengan metode pembelajaran Estafet Writing
sebanyak 36 orang dan metode konvensional sebanyak 36 orang. Instrumen
penilaian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelengkapan unsur
pembangun cerpen, struktur cerpen, dan kaidah kebahasan cerpen. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah merupakan metode eksperimen. Penarikan
sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Data yang didapatkan
diperoleh melalui observasi. Tehnik analisis data menggunakan uji persyaratan
analisis data, uji normalitas data, uji homogenitas, pengujian hipotesis. Hasil
penelitian pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 78,19.
Pemerolehan hasil menulis cerpen menggunakan metode Estafet Writing atau
persentasi pemerolehan nilai siswa pada kategori sangat baik dengan persentasi
66,67%. Hasil penelitian pada kelas kontrol dengan menggunakan metode
konvensional diperoleh nilai rata-rata sebesar 58,75. Pemerolehan hasil menulis
teks cerpen pada kelas kontrol berada pada rentang yang paling banyak
jumlahnya atau persentasi pemerolehan nilai siswa kategori cukup dengan
persentasi 30,6%. Hal ini membuktikan bahwa Metode Estafet Writing lebih
memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis teks cerpen
siswa kelas XI SMA N 1 Habinsaran dibandingkan dengan menggunakan metode
konvensional pada tahun pembelajaran 2022/2023
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Metode Estafet Writing, Kemampuan Menulis, Teks Cerpen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 19 Mar 2024 04:15 |
Last Modified: | 19 Mar 2024 04:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54965 |