Aprianti, Desi (2016) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7113341010_COVER.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
2. NIM. 7113341010_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
4. NIM. 7113341010_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
3. NIM. 7113341010_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
5. NIM. 7113341010_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
6. NIM. 7113341010_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
7. NIM. 7113341010_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
8. NIM. 7113341010_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
9. NIM. 7113341010_BAB I.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
13. NIM. 7113341010_BAB V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
14. NIM. 7113341010_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi pelajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiPengaruh Kecerdasan Emosional dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Binjai Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Binjai Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X berjumlah 467 orang dan sampel sebanyak142 orang yang diambil secara proportional sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi.
Hasil analisis yang diperoleh untuk kecerdasan emosional (X1) terhadap prestasi belajar (Y) diperoleh nilai thitung> ttabel (3,018>1,977), menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional terhadap prestasi belajarsiswa.Hasil analisis yang diperoleh untuk pengaruh perhatian orang tua (X2) terhadap prestasi belajar (Y) diperoleh nilai thitung> ttabel (3,961>1,977), menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua terhadap prestasi belajarsiswa. Dalam perhitungan regresi linear berganda diperoleh nilai konstanta 42,044, koefisien regresi kecerdasan emosional (X1) sebesar 0,297dan koefisien regresi perhatian orang tua (X2) sebesar 0,246. Untuk menguji hipotesis kecerdasan emosional dan perhatian orang tua secara simultan menggunakan uji f dengan taraf signifikasi 95% diperoleh nilai Fhitung> Ftabel(13,038> 3,06), menunjukkan ada pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan antara kecerdasan emosional dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan secara simultan antara Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Binjai Tahun Pembelajaran 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 NIAGA 001 |
Keywords: | Kecerdasan Emosional; Perhatian Orang Tua;Prestasi Belajar Siswa. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 27 May 2016 04:00 |
Last Modified: | 27 May 2016 04:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5494 |