Yohana Br Barus, Dede (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Renang Gaya Dada Pada Siswa SMP Negeri 1 Bangun Purba. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 6173311021 COVER.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
2. NIM 6173311021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (970kB) | Preview
3. NIM 6173311021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (632kB) | Preview
4. NIM 6173311021 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
5. NIM 6173311021 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (637kB) | Preview
6. NIM 6173311021 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
7. NIM 6173311021 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (551kB) | Preview
8. NIM 6173311021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
12. NIM 6173311021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (630kB) | Preview
13. NIM 6173311021 BIBLIOGRAPHI.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran renang gaya dada metode self check pada siswa SMP kelas VIII di SMP Negeri 1 Bangun Purba. Metode yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (Research and Development/R&D) dengan populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah uji kelompok kecil 15 siswa dan uji kelompok besar 30 siswa di SMP Negeri 1 Bangun Purba. Tenik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner/angket yang diberikan kepada ahli dan siswa, teknik analisis data yang digunakan ialah teknik analisis data campuran (kulitatif dan kuantitatif). Media pembelajaran berbasis vidio tutorial olahraga renang gaya dada yang telah dibuat terlebih dahulu di validasi oleh 3 orang ahli, dimana ahli tersebut terdiri dari 2 ahli materi dan ahli media vidio tutorial. Persentase untuk mengetahui analisis kebutuhan adalah 41% dimana penilaian persentase validasi ahli Sudjana (2005 : 46-47) maka nilai rata-rata validasi berada pada rentang nilai 29% - 46% dengan kategori kurang baik. Persentase validitas untuk uji kelompok kecil adalah 63% dan penilaian persentase validasi ahli Sudjana (2005 : 46-47) maka nilai rata-rata validasi berada pada rentang nilai 47% - 64% dengan kategori cukup baik, dimana kategori tersebut dapat menyatakan bahwa bisa digunakan pada tahap uji kelompok besar setelah perbaikan. Dimana persentase validitasnya untuk uji kelompok besar adalah 90% dan nilai rata-rata validasi berada pada rentang nilai 83% - 100% menunjukan bahwa dengan kategori sangat baik, media pembelajaran berbasis vidio tutorial olahraga renang gaya dada berjalan secara efektif dan efesien. Hasil uji kelompok kecil melibatkan 15 siswa SMP Negeri 1 Bangun Purba memiliki hasil persentase dengan nilai 80% dengan kategori yang didapat baik dan hasil uji kelompok besar melibatkan 30 siswa SMP Negeri 1 Bangun Purba memiliki hasil persentase dengan nilai 88% dengan kategori yang didapat sangat baik. Maka dapat disimpulkan penelitian yang dilakukan peneliti dapat memberikan peningkatan hasil pembelajaran siswa dalam materi renang gaya dada menggunakan media pembelajaran berbasis vidio tutorial.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran, Olahraga Renang dan Teknik Dasar Gaya Dada |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 19 Mar 2024 03:31 |
Last Modified: | 19 Mar 2024 03:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54938 |