Ginting, Aslina Br (2022) IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG DENGAN MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI). Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4183351001 COVER.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
2. NIM 4183351001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 4183351001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
4. NIM 4183351001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (506kB) | Preview
5. NIM 4183351001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (503kB) | Preview
6. NIM 4183351001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
7. NIM 4183351001 TABLE.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
8. NIM 4183351001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
9. NIM 4183351001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (618kB) | Preview
13. NIM 4183351001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
14. NIM 4183351001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (529kB) | Preview
Abstract
Miskonsepsi adalah pemahaman konsep yang bertentangan dengan teori yang dimana secara ilmiah karena penggunaan yang umum dalam literatur. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi yang terjadi pada siswa SMP di
Kota Medan mata pelajaran IPA materi getaran dan gelombang. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa/i SMP kelas IX se-Kota Medan. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 02 Medan (29 siswa), SMP Negeri 34 Medan (27 siswa) dan SMP Negeri 29 Medan (29) siswa. Total seluruh siswa dalam penelitian ini yaitu 85 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian
adalah tes pilihan berganda dilengkapi dengan CRI. Soal tes diberikan sebanyak 20 soal tentang getaran dan gelombang. Berdasarkan analisis kelengkapan data, menunjukkan bahwa setiap indikator terdapat miskonsepsi. Miskonsepsi yang
teridentifikasi tergolong rendah yakni SMP Negeri 02 Medan sebesar 25.93%, SMP Negeri 34 Medan sebesar 20.35% dan SMP Negeri 29 Medan sebesar 20.47% karena < 30%. Hasil analisis siswa yang mengalami miskonsepsi karena siswa kurang memahami konsep serta hubungan konsep dengan konsep yang lain sehingga mengakibatkan penarikan kesimpulan yang salah. Kurangnya minat belajar siswa dalam belajar. Berdasarkan analisisdata menunjukkan bahwa CRI efektif digunakan untuk mengetahui miskonsepsi pada siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Miskonsepsi; Getaran dan Gelombang; CRI |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 18 Mar 2024 03:57 |
Last Modified: | 18 Mar 2024 03:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54711 |