Ginting, Nina Febrina (2022) IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMP NEGERI 3 BINJAI T.P. 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4183351023 COVER.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
2. 4183351023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
3. 4183351023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
4. 4183351023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
5. 4183351023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
6. 4183351023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
7. 4183351023 TABLES.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
8. 4183351023 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
9. 4183351023 ABBREVIATIONS.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
10. 4183351023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
14. 4183351023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
15. 4183351023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase miskonsepsi siswa pada materi Pencemaran Lingkungan, indikator yang mengalami miskonsepsi dan faktor-faktor penyebab miskonsepsi di SMP Negeri 3 Binjai. Jenis penelitian yang digunakan ialah deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Binjai Tahun Pembelajaran 2021/2022
yang terdiri dari 11 kelas, dengan jumlah keseluruhan 324 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian dipilih secara random sampling dengan jumlah 92 siswa yang berasal dari 3 kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan instrumen berupa tes essai dengan tingkat keyakinan CRI (Certainty Of Response Index) dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami miskonsepsi dengan kategori rendah. Berdasarkan indikator
materi pencemaran lingkungan, miskonsepsi yang paling tinggi terdapat pada indikator mengidentifikasi jenis-jenis pencemaran lingkungan dan miskonsepsi terendah terdapat pada indikator mengetahui cara penanggulangan dan kerusakan
lingkungan. Faktor-faktor penyebab miskonsepsi yaitu faktor dari siswa, konteks dalam mengajar, metode belajar, guru dan buku teks.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Miskonsepsi; Pencemaran lingkungan; CRI (Certainty Of Response Index) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 18 Mar 2024 04:04 |
Last Modified: | 18 Mar 2024 04:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54709 |