PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEL KELAS XI SMA N 12 MEDAN T.P 2022/2023

Mendrofa, Elna Farlita (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEL KELAS XI SMA N 12 MEDAN T.P 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 4183141056 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 4183141056 COVER.pdf - Published Version

Download (376kB) | Preview
[thumbnail of 2. 4183141056 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. 4183141056 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (574kB) | Preview
[thumbnail of 3. 4183141056 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. 4183141056 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (378kB) | Preview
[thumbnail of 4. 4183141056 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. 4183141056 PREFACE.pdf - Published Version

Download (376kB) | Preview
[thumbnail of 5. 4183141056 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. 4183141056 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (801kB) | Preview
[thumbnail of 9. 4183141056 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. 4183141056 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (447kB) | Preview
[thumbnail of 13. 4183141056 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. 4183141056 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (509kB) | Preview
[thumbnail of 14. 4183141056 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. 4183141056 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (481kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam memahami materi sel dimana 70% hasil belajar siswa pada materi sel belum mencapai nilai KKM. Selain itu, metode pembelajaran yang dilakukan guru didominasi dengan metode ceramah sehingga siswa cenderung pasif di dalam kelas. Dari latar belakang yang telah diuraikan, diperlukan tindakan untuk membenahi proses pembelajaran yang lebih baik dengan mengaplikasikan model pembelajaran inovatif yaitu model pembelajaran POGIL. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sel Kelas XI SMA N 12 Medan T.P 2022/2023. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain Pretest and Posttest Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA SMA N 12 Medan yang terdiri dari tujuh kelas. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yakni kelas XI MIPA 5 (Kelas Eksperimen) dengan model pembelajaran POGIL dan XI MIPA 6 (Kelas Kontrol) dengan model pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes yang terdiri dari 20 soal pilihan ganda. Hasil penelitian dalam
penelitian didapatkan data rata-rata pretest dan posttest hasil belajar pada kelas eksperimen masing masing adalah 38,33 dan 83,05 dan pada kelas kontrol 37,91 dan 67,63. Data dianalisis dengan menggunakan Paired Sample t-Test menggunakan SPSS Versi 21. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh bahwa bahwa model pembelajaran POGIL berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi sel dikelas XI MIPA SMA N 12 Medan T.P 2022/2023. Pada kelas eksperimen
diperoleh nilai N-gain sebesar 0,71 dengan kategori tinggi dan pada kelas kontrol diperoleh nilai N-gain sebesar 0,46 dengan kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran pembelajaran POGIL memiliki pengaruh terhadap
hasil belajar siswa pada materi sel di kelas XI MIPA SMA N 12 Medan T.P 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2023 BIO 006
Keywords: Sel hewan; Sel tumbuhan; Hasil belajar; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 20 Feb 2024 07:19
Last Modified: 20 Feb 2024 07:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54453

Actions (login required)

View Item
View Item