Adawiyah, Khairunnisah Al (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KECAKAPAN SOSIAL SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAANMAKANANDISMANEGERI8MEDANTP2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 4193341001 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. NIM 4193341001 LEMBAR PENGESAHAAN.pdf - Published Version
Download (813kB) | Preview
3. NIM 4193341001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
4. NIM 4193341001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
5. NIM 4193341001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
6. NIM 4193341001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
7. NIM 4193341001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
8. NIM 4193341001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
9. NIM 4193341001 BAB I.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
13. NIM 4193341001 BAB V.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
14. NIM 4193341001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar dan kecakapan sosial siswa pada materi sistem pencernaan makanan di SMA Negeri 8 medan TP 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas XI MIA
3 dengan jumlah siswa 36 orang merupakan kelas eksperimen dan kelas XI MIA 5 dengan jumlah siswa 35 orang merupakan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian instrumen tes dan angket. Dari hasil penelitian
diperoleh rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen yaitu 24,16 dan 80,97, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata hasil belajar sebesar 22,85 dan
54. Analisis data pada penelitian ini menggunakan Paired Sample t-Test dengan bantuan software SPSS 25 diperoleh nilai sig 0,000 < 0,05. Sedangkan analisis data angket menggunakan uji Mann-Whitney dengan rata-rata kelas eksperimen sebesar 43,14 dan kelas kontrol sebesar 28,66. Pengujian hipotesis ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berpengaruh terhadap hasil belajar dan kecakapan sosial siswa pada materi sistem pencernaan
makanan di SMA Negeri 8 Medan TP 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | TPS, Hasil Belajar, Kecakapan Sosial, Sistem Pencernaan Makanan. |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 07 Feb 2024 02:04 |
Last Modified: | 07 Feb 2024 04:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54305 |