Tarigan, Wynne Elvira Br (2023) ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 TIGAPANAH TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 4192141004 COVER.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
2. NIM 4192141004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (600kB) | Preview
3. NIM 4192141004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
4. NIM 4192141004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (391kB) | Preview
5. NIM 4192141004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (367kB) | Preview
6. NIM 4192141004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
7. NIM 4192141004 TABLES.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
8. NIM 4192141004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
9. NIM 4192141004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (700kB) | Preview
13. NIM 4192141004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
14. NIM 4192141004 BIBLIOGRPAHY.pdf - Published Version
Download (608kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemandirian belajar siswa pada materi sistem pernapasan, faktor penghambat kemandirian belajar siswa, dan upaya yang dilakukan guru untuk mengembangkan kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran biologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara acak (random). Sampel pada penelitian ini terdiri dari 36 siswa dari kelas XI IPA 5. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, angket, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase indikator inisiatif diri, tanggung jawab, percaya diri, dan disiplin siswa berada pada kategori mandiri dengan nilai rata-rata persentase hasil observasi dan angket berturur-turut sebesar 58,86%, dan 70,89%. Faktor
penghambat kemandirian belajar siswa yaitu kurangnya motivasi dalam belajar, kurang percaya diri, adanya rasa takut dan malu, kurang minat dalam belajar, pola asuh orang tua dan lingkungannya. Upaya yang dilakukan guru untuk mengembangkan kemandirian belajar siswa yaitu: 1) Membangkitkan motivasi siswa dengan penguatan verbal; 2) Memperjelas tujuan yang ingin dicapai; 3) Menciptakan suasana yang menyenangkan dalam belajar; 4) Menyajikan latihan berupa soal-soal yang menarik; 5) Menggunakan variasi metode pembelajaran yang menarik; 6) Memberikan apresiasi kepada siswa yang disiplin; 7) Memberikan sanksi atau hukuman kepada siswa yang tidak disiplin.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemandirian Belajar Siswa, Mata Pelajaran Biologi, Sistem Pernapasan Manusia |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 02 Feb 2024 02:59 |
Last Modified: | 02 Feb 2024 02:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54158 |