Damanik, Siti Rokhayah (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES MULTIPLE CHOICE REASONING BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL PADA MATERI TERMODINAMIKA DI SMA NEGERI 12 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4173321051 COVER.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
2. NIM 4173321051 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
3. NIM 4173321051 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4. NIM 4173321051 PREFACE.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
5. NIM 4173321051 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
9. NIM 4173321051 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
13. NIM 4173321051 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
14. NIM 4173321051 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil Validitas, Reabilitas, Daya Pembeda, Tingkat Kesukaran dan Distraktor atau Pengecoh, dan untuk mengetahui hasil respon peserta didik terhadap instrumen tes multiple choice reasoning pada materi termodinamika serta untuk mengetahui hasil kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 SMA N 12 Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D) model ADDIE. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes soal dan penyebaran angket. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh tingkat validitas soal tes multiple choice yang dikembangkan pada materi Termodinamika telah memenuhi validitas kualifikasi baik dengan rhitung>rtabel sebanyak 12 soal. Reliabilitas soal tes multiple choice reasoning yang dikembangkan pada materi Termodinamika telah memenuhi kualifikasi baik dengan nilai sebesar 0,945 yang termasuk dalam kategori sangat tinggi. Tingkat kesukaran soal tes multiple choice reasoning yang dikembangkan pada materi Termodinamika terdiri atas 13 soal berkategori sedang, 4 sukar dan 3 mudah . Daya pembeda soal tes multiple choice reasoning yang dikembangkan pada termodinamika memenuhi kualifikasi instrumen, karena 13 butir soal berkategori sangat baik. Rata-rata hasil tanggapan siswa terhadap angket respon siswa adalah 74,1 yang berarti instrumen soal tes multiple choice reasoning termasuk dalam kategori cukup baik. Serta Peserta didik memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi rata-rata 68,90 dengan kategori Baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2023 FIS 028 |
Keywords: | Instrumen tes multiple choice; Termodinamika; Kemampuan berpikir |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 01 Feb 2024 04:30 |
Last Modified: | 01 Feb 2024 04:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54122 |