RANGKUTI, SYARIFAH AINI (2023) PENGARUH MANAJEMEN WAKTU DAN KONSENTRASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK SWASTA BUDI AGUNG MEDAN T.A. 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7183142028 COVER.pdf - Published Version
Download (425kB) | Preview
2. NIM 7183142028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (965kB) | Preview
3. NIM 7183142028 PREFACE.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
4. NIM 7183142028 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
5. NIM 7183142028 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
6. NIM 7183142028 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
7. NIM 7183142028 LIST OF PICTURE.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
8. NIM 7183142028 LIST OF APPENDIX.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
9. NIM 7183142028 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (632kB) | Preview
13. NIM 7183142028 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
14. NIM 7183142028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (422kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurang optimalnya Haisl Belajar Akuntansi Dasar kelas X SMK Swasta Budi Agung Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Manajemen Waktu dan Konsentrasi Belajar terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X SMK Swasta Budi Agung Medan. Penelitian ini dilaksanakan di Jl. Platina Raya No. 7, Rengas Pulau, Kec. Medan Marelan, Kota Medan, Sumatera Utara, Kode Pos 20255.Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah 69 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan dokumentasi dan penyebaran angket. Data diolah dengan software SPSS versi 25.
Dari hasil analisis regresi linear berganda diperoleh nilai Y = 43,088 + 0,307 X1 + 0,453 X2 berdasarkan model regresi tersebut diperoleh koefisien Manajemen Waktu (b1) dan koefisien Konsentrasi Belajar (b2) bernilai positif. Bernilai Positif artinya bahwa variabel bebas (X1 dan X2) mengalami peningkatan, hasil belajar siswa (Y) juga ,mengalami peningkatan.
Dari hasil analisis data diketahui bahwa semua uji asumsi klasik terpenuhi sehingga pengujian hipotesis dapat dilakukan. Berdasarkan pengujian hipotesis (uji t), terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara Manajemen Waktu (X1) terhadap hasil belajar akuntansi dengan nilai t hitung > t tabel (3,108 > 1,997) dan nilai signifikan (0,003 < 0.05). Variabel konsentrasi belajar (X2) juga mengalami pengaruh yang signifikan dan positif dengan nilai t hitung > t tabel (5,248 > 1,997) dan nilai signifikansi (0,000 < 0,05). Selanjutnya manajemen waktu dan konsentrasi belajar secara simultan berpengaruh signifikan dan positif terhadap hasil belajar akuntansi dasar dengan nilai F hitung > F tabel (20,086 > 3.13) dan nilai signifikan (0,000 < 0,05) dengan nilai koefisien determinasi atau besarnya pengaruh kedua variabel sebesar 36%. Sedangkan sisanya yaitu sebesar 64% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Manajemen Waktu, Konsentrasi Belajar, dan Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 01 Feb 2024 05:38 |
Last Modified: | 01 Feb 2024 05:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54050 |