Sihite, Marihot (2023) ANALISA EFEKTIFITAS PROGRAM PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN UNTUK PENGEMBANGAN JATI DIRI DAN KESIAPAN MENJADI GURU MAHASISWA PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN ANGKATAN 2018 FAKULTAS EKONOMI UNIMED. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7183144019 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM. 7183144019 LEMBAR PENGESAHAN..pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
3. NIM. 7183144019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (460kB) | Preview
4. NIM. 7183144019 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (446kB) | Preview
5. NIM. 7183144019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
6. NIM. 7183144019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
7. NIM. 7183144019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
8. NIM. 7183144019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
9. NIM. 7183144019 BAB 1.pdf - Published Version
Download (535kB) | Preview
13. NIM. 7183144109 BAB 5.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
14. NIM. 7183144019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (446kB) | Preview
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini ada pada penerapan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan dimana mahasiswa akan menghadapi berbagai persoalan yang ditemui selama proses mengajar , sehingga beberapa mahasiswa menyatakan bahwa setelah menjalani Program PLP semakin bersemangat dan termotivasi menjadi seorang guru, dan ada beberapa yang menyatakan setelah menjalani Program PLP menjadi tidak termotivasi menjadi guru dikarenakan banyaknya tantangan yang ditemui selama proses mengajar di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan terhadap pengembangan jati diri dan kesiapan menjadi guru mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan 2018 Fakultas Ekonomi UNIMED.
Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan 2018 yaitu sebanyak 59 mahasiswa. Keseluruhan populasi dijadikan sampel dengan menggunakan teknik total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan penyebaran angket. Angket penelitian terlebih dahulu di uji validitas dengan rumus korelasi product moment dan reliabilitas menggunakan cronbach alpha. Teknik analisa data yang digunakan adalah Uji Regresi Linear Sederhana dan pengujian hipotesis Parsial (Uji-T).
Dari hasil penelitian, berdasarkan uji hipotesis secara parsial (Uji t), hasil Pengenalan Lapangan Persekolahan (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap jati diri guru (Y1) sebesar thitung > ttabel (13,108 > 2,00172) dan nilai signifikansi pada taraf α = 5% adalah 0,000 < 0,05. Dan untuk Pengenalan Lapangan Persekolahan (X) juga berpengaruh terhadap Kesiapan Menjadi Guru (Y2) dengan thitung > ttabel (12,474 > 2,00172) dan nilai signifikansi pada taraf α = 5% adalah 0,000 <0,05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengenalan Lapangan Persekolahan, Jati Diri Guru, Kesiapan Menjadi Guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 26 Jan 2024 08:11 |
Last Modified: | 01 Feb 2024 07:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53973 |