HARAHAP, ELISA SUZANNA (2023) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRES AKADEMIK SELAMA PEMBELAJARAN DARING SISWA JURUSAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. 7182142003 COVER.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
2. 7182142003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
3. 7182142003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (391kB) | Preview
4. 7182142003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
5. 7182142003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
6. 7182142003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
7. 7182142003 TABLES.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
8. 7182142003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
9. 7182142003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (417kB) | Preview
13. 7182142003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
14. 7182142003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini stres akademik yang terjadi selama pembelajaran daring pada siswa jurusan akuntansi di SMK Negeri 1 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi stres akademik selama pembelajaran daring siswa jurusan
akuntansi di SMK Negeri 1 Medan yang berfokus pada faktor kesiapan belajar, hubungan guru dengan siswa, interaksi teman sebaya dan manajemen waktu dalam mempengaruhi stres akademik selama pembelajaran daring. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Medan pada semester ganjil
Tahun Pembelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian Ex Post Facto. Subjek penelitian ini adalah 99 siswa kelas XII jurusan akuntansi di SMK Negeri 1 Medan dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan kuesioner atau angket dengan jumlah 44 item pernyataan. Data yang diperoleh diuji dan dianalisis menggunakan SEM-PLS dengan bantuan SmartPL versi 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konstruk kesiapan belajar berpengaruh terhadap stres akademik, hubungan guru dengan siswa berpengaruh terhadap stres akademik, interaksi teman sebaya berpengaruh terhadap stres
akademik dan manajemen waktu berpengaruh terhadap stres akademik. Berdasarkan hasil uji SEM-PLS diketahui bahwa 10 Kesiapan belajar memiliki nilai t-statistik sebesar 2,842 > 1,96 dan p-value 0,005 < 0,05. 2) Hubungan guru dengan siswa memiliki nilai t-statistik sebesar 2,988 > 1,96 dan p-value 0,003 < 0,05. 3) Interaksi teman sebaya memiliki nilai t-statistik sebesar 2,335 > 1,96 dan p-value 0,020 < 0,05. 4) Manajemen waktu memiliki nilai t-statistik sebesar
2,361 > 1,96 dan p-value 0,018 < 0,05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Stres Akademik, Pembelajaran Daring, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Stres Akademik |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Jan 2024 01:11 |
Last Modified: | 25 Jan 2024 01:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53883 |