STUDI LITERATUR ANALISIS PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK

Hidayah, Syahti Runia (2022) STUDI LITERATUR ANALISIS PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4152111038 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4152111038 COVER.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4152111038 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4152111038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4152111038 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4152111038 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4152111038 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4152111038 PREFACE.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4152111038 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4152111038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4152111038 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4152111038 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4152111038 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4152111038 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4152111038 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4152111038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil analisis peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode library research (studi kepustakaan). Subjek penelitian ini adalah alrtikel yalng termualt dallalm jurnall yalng telalh dipublikalsikaln tentalng kemalmpualn komunikalsi maltemaltis melallui pendekaltaln pembelaljalraln maltemaltikal reallistik paldal siswal SMP. Berdasarkan hasil temuan yang bersumber dari 5 jurnal, diperoleh bahwa komunikasi matematis siswa meningkat lebih baik pada siswa yang belajar dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik dibanding dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Pendekatan pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menjabarkan, memahami, dan merepresentasikan ide matematika yang terdapat dalam gambar, tabel ataupun diagram. Sehingga pendekatan pembelajaran matematika realistik merupakan salah satu pendekatan yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa pada tingkat SMP dengan perolehan nilai effect size sebesar 1,158 pada kategori efek besar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2023 MAT 089
Keywords: Matematika realistik; Komunikasi matematis; Studi literatur
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 29 Nov 2023 07:55
Last Modified: 06 Dec 2023 07:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53603

Actions (login required)

View Item
View Item