Lumban Gaol, Nazla Elpina (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MOBILE BERBASIS MICROLEARNING DALAM FLIPBOOK PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DI KELAS X DI SMA N 1 SORKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4183311038 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM 4183311038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
3. NIM 4183311038 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
4. NIM 4183311038 PREFACE.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
5. NIM 4183311038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
9. NIM 4183311038 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
13. NIM 4183311038 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
14. NIM 4183311038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan mengembangkan serta menghasilkan produk modul pembelajaran mobile berbasis microlearning yang valid, praktis dan efektif digunakan pada materi sistem persamaan linier dua variabel. Adapun jenis
penelitian yang dipakai yaitu penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang merujuk pada pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek yang diguakan pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 1 Sorkam, yang berjumlahkan 35 orang. Disamping itu objek dari penelitian ini adalah modul pembelajaran mobile berbasis microlearning. Instrumen yang digunakan pada penelitian yaitu angket
validasi materi, media, respon siswa dan guru dan tes hasil ketuntasan belajar siswa. Pada penelitian ini menunjukkan hasil bahwa : (1) Kevalidan dari produk modul pembelajaran mobile berbasis microlearning yang didasarkan pada penilaian ahli materi dan ahli media yang memperoleh skor yang sama yaitu rata – rata sebesar 3,63 untuk keduanya dengan kategori sangat valid. (2) Kepraktisan modul pembelajaran didasarkan pada hasil penilaian guru yakni memperoleh 100% yang tergolong sangat praktis dan skor kepraktisan berdasarkan penilaian siswa adalah 82,7 % yang dalam hal ini tergolong sangat praktis. (3) Keefektifan pembelajaran dieroleh berdasarkan dari hasil ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu 82,85% yang mana secara klasikal memenuhi kriteria pencapaian ketuntasan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, pengembangan modul pembelajaran mobile berbasis microlearning dalam flipbook pada materi sistem persamaan linier dua variabel di kelas X di SMA N 1 Sorkam dapat dikatakan layak dengan kategori valid, praktis dan efektif. Modul yang dihasilkan bisa dijadikan sebagai alternatif yang bisa digunakan guru pada kegiatan pembelajaran serta dapat dijadikan sebagai pedoman bagi guru dan peneliti lain, dalam pengembangan modul pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran yang diterapkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2023 MAT 033 |
Keywords: | Modul; Pembelajaran mobile; Microlearning; Flipbook; Sistem persamaan linier dua variabel |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3045 Textbooks Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 23 Nov 2023 08:35 |
Last Modified: | 23 Nov 2023 08:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53582 |