Sarmi, Chintya Rachmawati Putri (2022) PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP IT AL-HIJRAH 2 DELI SERDANG. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4183111107 COVER.pdf - Published Version
Download (23kB) | Preview
2. NIM. 4183111107 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
3. NIM. 4183111107 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4. NIM. 4183111107 PREFACE.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
5. NIM. 4183111107 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 4183111107 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
13. NIM. 4183111107 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
14. NIM. 4183111107 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP IT Al-Hijrah 2 Deli Serdang tahun ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan desain penelitian Post-Test Only. Sampel penelitian sebanyak dua kelas yang terdiri dari kelas eksperimen sebanyak 21 siswa dan kelas kontrol sebanyak 17 siswa. Kelas eksperimen menggunakan pendekatan matematika realistik sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional dan kedua kelas diberikan materi sistem persamaan linear dua variabel. Analisis setelah diberikan perlakuan menunjukan bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis menunjukan hasil t_hitung 4,3633>t_tabel 1,6883, dapat disimpulkan bahwa tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada siswa kelas kontrol. Untuk seberapa besar pengaruh dilakukan menggunakan uji effect size yang menunjukan nilai d = 1,4 sehingga diketahui besar pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebesar 91,9%. Hal ini dapat membuktikan hipotesis bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan pendekatan matematika realistik lebih baik dibandingkan kemampuan pemecahan masalah yang diajarkan menggunakan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 MAT 252 |
Keywords: | Matematika realistik; Pemecahan masalah matematis; Sistem persamaan linear dua variabel |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 09 Nov 2023 07:31 |
Last Modified: | 09 Nov 2023 07:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53549 |