Nissaa, Siti Khairatun (2015) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMA SWASTA PERSIAPAN STABAT. Masters thesis, UNIMED.
1. COVER TESIS.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2 Lembar Persetujuan dan Pengesahan.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
3. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (25kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SMA Swasta Persiapan Stabat yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap: (1) Kemampuan berpikir kritis siswa; dan (2) Kemandirian belajar siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa SMA Swasta Persiapan Stabat Tahun Pembelajaran 2014/2015 yang diambil secara acak kelompok (cluster random sampling) yaitu sebanyak 3 kelas yang berjumlah 120 siswa dari populasi 6 kelas yang berjumlah 160 siswa. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan berpikir kritis siswa, dan angket kemandirian belajar siswa. Metode penelitian ini dengan kuasi eksperimen menggunakan teknik analisis kovarians (anakova) pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA Swasta Persiapan Stabat 48,018 ± 0,000; (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemandirian belajar siswa SMA Swasta Persiapan Stabat 30,540 ± 0,000. Hasil penelitan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning, siswa dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam mengingat dan memahami materi pelajaran dengan baik serta menjadikan para siswa mandiri dalam belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.707 12 Nis p |
Keywords: | Model pembelajaran; Problem based learning; Berpikir kritis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 May 2016 08:44 |
Last Modified: | 20 May 2016 08:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5351 |