Ramadiani, Sri (2022) ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN GENDER TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4173311099 COVER.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
2. NIM 4173311099 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
3. NIM 4173311099 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4. NIM 4173311099 PREFACE.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
5. NIM 4173311099 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
9. NIM 4173311099 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
13. NIM 4173311099 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
14. NIM 4173311099 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil penelitian dari sumber literatur yang relevan terkait: (1) Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, (2) Interaksi antara model pembelajaran dan gender terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, (3) Mengetahui kelebihan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dan (4) Mengetahui kelemahan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian ini berupa deskriptif kualitatif, dengan metode penelitian yaitu studi kepustakaan. Data yang diperoleh berupa kumpulan literatur seperti jurnal penelitian yang relevan dengan topik bahasan, dilaksanakan di Digital Library Universitas Negeri Medan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran Problem Based Learning memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. (2) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Problem Based Learning dan gender siswa terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. (3) Kelebihan model pembelajaran PBL yaitu memberikan dampak positif bagi siswa dalam mengkonstruksi pengetahuannya untuk menyelesaikan masalah yang dihadapinya dalam kehidupan sehari-hari, dapat menjadikan siswa terbiasa untuk mengkomunikasikan suatu masalah ke dalam bahasa matematika sesuai pengetahuan yang telah dimiliki sebelumnya, serta menciptakan suasana pembelajaran yang bermakna agar siswa terlibat secara aktif dalam pembelajarannya, baik dalam hal mengomunikasikan ide matematisnya maupun dalam menyajikan hasil pembelajaran yang mereka peroleh. (4) Kelemahan model pembelajaran PBL yaitu siswa membutuhkan waktu yang cukup lama dalam mengamati dan memahami masalah yang diberikan sehingga pembelajaran di dalam kelas kurang optimal dan sulit dilaksanakan dalam kelas yang terbiasa dengan model pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 MAT 159 |
Keywords: | Komunikasi matematis; Problem based learning; Gender; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 19 Sep 2023 07:25 |
Last Modified: | 19 Sep 2023 07:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53411 |