Simarmata, Robby Jeremia Praja (2022) META ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN THINK-TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4163311046 COVER.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
2 NIM 4163311046 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
3 NIM 4163311046 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
4 NIM 4163311046 PREFACE.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
5 NIM 4163311046 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (29kB) | Preview
9 NIM 4163311046 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (574kB) | Preview
13 NIM 4163311046 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14 NIM 4163311046 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini telah dilakukan dan bertujuan untuk mengetahui effect size dari pengaruh pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, dengan mendeskripsikan: (1) Effect Size Dari Pengaruh Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) Secara Keseluruhan, (2) Effect Size Dari Pengaruh Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) Berdasarkan Jenjang Pendidikan, (3) Effect Size Dari Pengaruh Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) Berdasarkan Materi yang Diajarkan, (4) Effect Size Dari Pengaruh Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) Berdasarkan Media Pembelajaran/ LKPD.
Dalam penelitian ini populasinya adalah jurnal nasional yang merupakan koleksi Perpustakaan Digital Library Unimed dan jurnal nasional terakreditasi yang tersedia melalui internet. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 7 jurnal nasional yang sesuai kriteria. Teknik analisis data adalah dilakukan tabulasi dan perhitungan besar effect size dengan menggunakan rumus d Cohen’s.
Berdasarkan dari hasil yang diperoleh pada penelitian, disimpulkan bahwa: (1) Secara keseluruhan dari ke 7 artikel jurnal diperoleh nilai effect size sebesar 0.81, hal ini menandakan model pembelajaran think talk write berpengaruh sedang dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, (2) Pembelajaran think talk write lebih banyak diterapkan pada jenjang pendidikan tingkat SMP/MTs dengan memperoleh nilai effect size sebesar 0,83, Sedangkan nilai effect size untuk jenjang pendidikan tingkat SMA/SMK sebesar 0.76, (3) Luas lingkaran adalah materi yang memiliki pengaruh effect size paling besar yaitu sebesar 1.65 dalam kategori efek tinggi, (4) Media pembelajaran yang efektif dalam penerapan pembelajaran think talk write salah satunya adalah aplikasi prezi (5) Penyebab pembelajaran kurang efektif adalah faktor waktu pembelajaran dan sikap peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 MAT 118 |
Keywords: | Meta analisis; Think talk write; Pemecahan masalah matematika; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 05 Sep 2023 03:21 |
Last Modified: | 05 Sep 2023 03:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53409 |