Danil, M. (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN PERTANYAAN TERBUKA TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KONSEP FUNGI DI KELAS X SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8116173011 JUDUL. pdf.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
2. NIM. 8116173011 LEMBAR PENGESAHAN. pdf.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
3. NIM. 8116173011 ABSTRAK, ABSTRACT. pdf.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
4. NIM. 8116173011 KATA PENGANTAR. pdf.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
5. NIM. 8116173011 DAFTAR ISI. pdf.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
6. NIM. 8116173011 DAFTAR TABEL. pdf.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM. 8116173011 DAFTAR GAMBAR. pdf.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 8116173011 DAFTAR LAMPIRAN. pdf.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
9. NIM. 8116173011 BAB I PENDAHULUAN. pdf.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
13. NIM. 8116173011 BAB V SIMPULAN & SARAN. pdf.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
14. NIM. 8116173011 DAFTAR PUSTAKA. pdf.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah, pertanyaan terbuka dan konvensional terhadap hasil belajar biologi siswa; (2) Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah, pertanyaan terbuka dan konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada konsep fungi di kelas X SMA Negeri 1 Peusangan Kabupaten Bireuen Propinsi Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment bentuk pretest dan postest control group design yang melibatkan siswa terdiri dari tiga kelas yaitu X1 sebagai kelas model pembelajaran berbasis masalah berjumlah 34 siswa, kelas X3 sebagai model pembelajaran pertanyaan terbuka berjumlah 32 siswa, dan kelas X2 sebagai kelas kontrol berjumlah 30 siswa. Instrument penelitian ini terdiri dari tes pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan software SPSS versi 19.0 dan hipotesis diuji dengan teknik Analisis Kovariat (Anacova) dengan uji lanjut Least Signifikan Difference (LSD). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (x̄=76.71), pertanyaan terbuka (x̄=70.28) terhadap hasil belajar lebih tinggi dibandingkan kelas konvensional (x̄=59.70); dan (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (x̄=64.91), pertanyaan terbuka (x̄=57.63) terhadap kemampuan berpikir kritis lebih tinggi dibandingkan kelas konvensional (x̄=46.27). Uji lanjut (LSD) menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar antara kelas model pembelajaran berbasis masalah dengan kelas model pembelajaran pertanyaan terbuka dengan nilai sig. 0.000, dan juga terdapat perbedaan yang signifikan dengan hasil belajar biologi pada kelas konvensional dengan nilai sig. 0.000. Sedangkan Uji lanjut (LSD) menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis antara kelas model pembelajaran berbasis masalah dengan kelas pertanyaan terbuka dengan nilai sig. 0.000, dan juga terdapat perbedaan yang signifikan dengan kemampuan berpikir kritis pada kelas konvensional dengan nilai sig. 0.000. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dan pertanyaan terbuka dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.071 2 Dan p |
Keywords: | Hasil belajar; Berpikir kritis; Belajar biologi; Model pembelajaran; Pertanyaan terbuka; Pembelajaran berbasis masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 17 May 2016 08:07 |
Last Modified: | 17 May 2016 08:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5282 |