Sari, Rizka Permata (2022) ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS XI SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.A. 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4163111059 COVER.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
2. NIM 4163111059 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (600kB) | Preview
3. NIM 4163111059 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
4. NIM 4163111059 PREFACE.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
5. NIM 4163111059 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
9. NIM 4163111059 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
13. NIM 4163111059 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
14. NIM 4163111059 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahi kualitas butir soal ujian akhir semester genap mata pelajaran matematika di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan T.A. 2019/2020 kelas XI berupa 20 soal uraian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dimana teknik pengumpulan data dilakukan dengan dua cara, yaitu wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada guru yang mengampu mata pelajaran matematika, sedangkan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan lembar soal, lembar kunci jawaban, dan lembar jawaban siswa. Analisis butir soal yang dilakukan ditinjau dari beberapa aspek, yaitu validitas, reliabilitas, dan tingkat kesukaran yang dilakukan dengan menggunakan program IBM SPSS Statistics 22, sedangkan untuk menganalisis daya pembeda dilakukan dengan perhitungan manual dengan bantuan program Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 12 (60%) butir soal dinyatakan valid dan 8 (40%) butir soal dinyatakan tidak valid. Berdasarkan uji reliabilitas didapatkan hasil sebesar 0,561, sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai relibilitasnya rendah. Berdasarkan uji tingkat kesukaran, terdapat 3 (15%) butir soal termasuk ke dalam kategori sukar, 11 (55%) butir soal termasuk ke dalam kategori sedang, dan 6 (30%) butir soal termasuk ke dalam kategori mudah. Berdasarkan uji daya pembeda, terdapat 11 (55%) butir soal termasuk ke dalam kategori jelek, 3 (15%) butir soal termasuk ke dalam kategori cukup, 1 (5%) butir soal termasuk ke dalam kategori baik, 3 (15%) butir soal termasuk ke dalam kategori baik sekali, dan 2 (10%) butir soal merupakan butir soal yang tidak memiliki daya beda. Dari hasil tersebut, maka dapat diketahui bahwa 8 butir soal merupakan soal yang tidak baik, 8 butir soal merupakan soal yang kurang baik, dan 4 butir soal lainnya merupakan soal yang baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 MAT 149 |
Keywords: | Evaluasi pendidikan; Kemampuan berpikir; Literasi matematika; Analisis butir soal; Aplikasi SPSS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 09:04 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 09:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52807 |