Sinaga, Ricky Sanputra (2022) STUDI LITERATUR TERHADAP ARTIKEL DAN PENELITIAN TENTANG PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4172111014 COVER.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
2. NIM 4172111014 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
3. NIM 4172111014 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
4. NIM 4172111014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
5.NIM 4172111014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
8. NIM 4172111014 BAB I.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
12. NIM 4172111014 BAB V.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
13. NIM 4172111014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui kecenderungan artikel jurnal dan penelitian pendekatan matematika realistik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. (2) Untuk mengetahui efek potensial pada artikel jurnal dan penelitian pendekatan matematika realistik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan metode penelitian studi kepustakaan (library research) yang dilaksanakan di Digital Library Universitas Negeri Medan. Teknik analisis yang data digunakan yaitu teknik analisis model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (Conclution). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kecenderungan dari artikel dan penelitian adalah masalah yang dihadapi peneliti terhadap rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini terjadi karena beberapa faktor diantaranya siswa kurang terlatih dalam menyelesaikan soal-soal yang berkarakteristik tentang berpikir kritis, siswa cenderung pasif dan tidak ada interaksi antar siswa dalam proses pembelajaran serta anggapan siswa bahwa matematika adalah produk jadi. (2) Pendekatan matematika realistik memberikan efek potensial yang positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hal tersebut terlihat dari rata-rata nilai N-Gain sebesar 0,63 atau pada kategori sedang dan nilai Effect Size sebesar 1,46 atau pada kategori besar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 MAT 155 |
Keywords: | Matematika realistik; Berpikir kritis; Studi kepustakaan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 07:24 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 07:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52805 |