Nasution, Yusra (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP AL HIDAYAH MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136181033 COVER.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
2. NIM. 8136181033 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
3. NIM. 8136181033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
4. NIM. 8136181033 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
5. NIM. 8136181033 PREFACE.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
6. NIM. 8136181033 TABLES.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
7. NIM. 8136181033 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
8. NIM. 8136181033 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
12. NIM. 8136181033 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
13. NIM. 8136181033 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif menggunakan macromedia flash pada materi bentuk-bentuk hubungan sosial di kelas VIII SMP Al Hidayah Medan.
Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan Borg & Gall yang dipadu dengan model pengembangan pembelajaran Dick & Carey. Model pengembangan pembelajaran ini merupakan model yang disusun secara terprogram dengan urutan yang sistematis dan memenuhi karakteristik siswa dalam belajar. Model ini meliputi 6 tahapan, yakni : (1) melakukan penelitian pendahuluan yang terdiri dari studi literatur, perencanaan/desain pengembangan; (2) menyususn tes acuan patokan dengan mengembangkan butir penilaian untuk mengukur kemampuan siswa yang diperkirakan didalam tujuan pembelajaran; (3) pengembangan bahan ajarbutir penilaian untuk mengukur kemampuan siswa yang diperkirakan didalam tujuan pembelajaran; (3) pengembangan bahan ajar; (4) validasi ahli; (5) Revisi; (6) Uji coba produk akhir. Subjek uji coba terdiri dari satu ahli materi, satu ahli media dan satu ahli desain pembelajaran, tiga orang siswa untuk uji perorangan, Sembilan siswa untuk uji coba kelompok kecil dan tiga puluh dua siswa untuk uji coba lapangan. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket atau kuesioner. Data-data dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Uji coba ahli materi pada penilaian kelayakan ini berada pada kriteria sangat baik (92,94%); (2) Uji ahli media pembelajaran berada pada kriteria sangat baik (82,72%); (3) Uji coba ahli desain pembelajaran berada pada kriteria sangat baik (88,57%); (4) Uji coba perorangan berada pada kriteria sangat baik (81,81%); (5) Uji coba kelompok kecil berada pada kriteria sangat sangat baik (86,03%); (6) Uji coba lapangan berada pada kriteria sangat baik (87,68%); (7) Demikian pula dengan uji efektifitas produk berada pada kategori sangat baik (81,58%), dan terjadi peningkatan hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran dengan menggunakan macromedia flash pada materi bentuk-bentuk hubungan sosial.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Nas p |
Keywords: | Hakekat belajar IPS; Media pembelajaran; Macromedia flash |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 16 May 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 May 2016 08:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5266 |