Ahmadi, Maksum (2016) PERBEDAAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENTDIVISION (STAD) DI SMP MUHAMMADIYAH 01 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4113111048 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM 4113111048 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
3. NIM 4113111048 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4. NIM 4113111048 PREFACE.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
5. NIM 4113111048 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. NIM 4113111048 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM 4113111048 TABLE.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM 4113111048 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
9. NIM 4113111048 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (525kB) | Preview
13. NIM 4113111048 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM 4113111048 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) lebih tinggi daripada tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada materi faktorisasi suku aljabar. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Penelitian dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 1 Medan dengan teknik pengambilan sampel adalah sampling acak sederhana (Simple random sampling) dan pemilihan kelas dilakukan secara random, didapatkan siswa kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen I dan kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen II yang masing-masing berjumlah 34 dan 32 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda dengan jumlah soal 14 item yang telah divalidkan oleh validator dan uji validitas. Analisis data menggunakan uji t pada taraf signifikansi 5% dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Pada pengujian data pretes kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t data selisih posttest-pretest diperoleh thitung = 2,257726 sedangkan ttabel = 1,669. Karena thitung > ttabel (2,257726 > 1,669), maka Ho ditolak dan Ha diterima, dengan menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share) lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 007 |
Keywords: | Eksperimen Semu; Think-Pair-Share; Student Team Achievement Division. |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics > QA273 Probabilities. Mathematical statistics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 May 2016 19:13 |
Last Modified: | 11 May 2016 19:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5184 |