Amelia, Chairunnisa (2015) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SISWA DI KLEAS V SDN 067775 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136182008 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM. 8136182008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
3. NIM. 8136182008 ABSTRCT.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
4. NIM. 8136182008 PREFACE .pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
5. NIM. 8136182008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
6. NIM. 8136182008 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
8. NIM. 8136182008 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 8136182008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
13. NIM. 8136182008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
14. NIM. 8136182008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh strategi pembelajaran mencari pasangan dan kekuatan dua kepala terhadap hasil belajar; (2) Pengaruh gaya belajar auditori dan kinestikterhadap hasil belajar IPS siswa; (3) Interaksi antara strategi pembelajaran dengan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 067775 Medan pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Populasinya adalah seluruh siswa kelas V sebanyak 82 siswa, dimana kelas V–A sebanyak 42 siswa dan kelas V–B sebanyak 40 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan secara cluster random sampling, dimana kelas V–A sebagai kelas eksperimen strategi pembelajaran mencari pasangan (make a match) dan kelas V–B sebagai kelas eksperimen strategi pembelajaran kekuatan dua kepala. Instrumen yang digunakan untuk mengumpul data adalah tes hasil belajar IPS dan lembar observasi gaya belajar. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian factorial 2x2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kekuatan dua kepala lebih tinggi dari pada hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran mencari pasangan (Fhitung = 4,65 > Ftabel = 3,96); (2) Hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan gaya belajar auditori lebih tinggi dari pada hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan gaya belajar kinestik (Fhitung = 7,97 > Ftabel = 3,96); dan (3) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan gaya belajar terhadap hasil belajar IPS siswa (Fhitung = 4,47 > Ftabel = 3,96). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran kekuatan dua kepala lebih baik digunakan untuk membelajarkan siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi sedangkan strategi pembelajaran mencari pasnagan baik digunakan kepada siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah dan terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar. Implikasi dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran kekuatan dua kepala lebih tinggi hasil belajarnya dari pada siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran mencari pasangan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Ame p |
Keywords: | Strategi pembelajaran; Gaya belajar; Hasil belajar IPS; Strategi mencari pasangan |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 10 May 2016 19:03 |
Last Modified: | 10 May 2016 19:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5173 |