Hanum, Inu Shadra (2016) PERBANDINGAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MEDIA POWER POINT PADA MATERI IKATAN KIMIA DI SMA SWASTA PRAYATNA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4113131028. COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 4113131028. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
3. NIM. 4113131028. RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
4. NIM. 4113131028. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
5. NIM. 4113131028. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
6. NIM. 4113131028. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
7. NIM. 4113131028. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
8. NIM. 4113131028. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
9. NIM. 4113131028. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
10. NIM. 4113131028. BAB I.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
14. NIM. 4113131028. BAB V.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
15. NIM. 4113131028. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan peningkatan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan menggunakan Problem Based Learning (PBL) dengan peningkatan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan menggunakan kooperatif tipe Studen Teams Achievement Division (STAD) pada materi ikatan kimia. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah test objektif dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Kelas eksperimen I diberikan perlakuan pembelajaran menggunakan Problem Based Learning (PBL) dan kelas eksperimen II menggunakan kooperatif Tipe Studen Teams Achievement Division (STAD). Dari hasil penelitian untuk kelas eksperimen I diperoleh nilai rata – rata peningkatan hasil belajar sebesar 0,70 sedangkan untuk kelas eksperimen II nilai rata – rata peningkatan hasil belajar adalah 0,362. Hasil uji t diperoleh thit = 0,4 dan ttabel = 1,974 sehingga thitung < ttabel yang berarti Ha ditolak dan Ho diterima.koefisien determinasi pada eksperimen I 49% dan eksperimen II 13,1%. Uji t untuk hubungan antara peningkatan hasil belajar terhadap sikap demokrasi siswa padaeksperimen I thitung 5,71 > ttabel 2,021dan kelas eksperimen II thitung 2,12 > ttabel 2,042 yang berarti menunjukkan bahwa adanya hubungan antara keduanya. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan peningkatan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan menggunakan Problem Based Learning (PBL) dengan kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada materi ikatan kimia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 022 |
Keywords: | media Pembelajaran; Ikatan Kimia; Lambang Lewis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 08 May 2016 23:08 |
Last Modified: | 08 May 2016 23:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5136 |