LUBIS, HAVIFAH (2023) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI SIKLUS AIR DI KELAS V SD NEGERI 132415 KOTA TANJUNGBALAI. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8206182017 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2. NIM 8206182017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 8206182017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4. NIM 8206182017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
5. NIM 8206182017 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
6. NIM 8206182017 TABLE OF PICTURES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM 8206182017 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM 8206182017 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM 8206182017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
13. NIM 8206182017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
14. NIM 8206182017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbandingan kemampuan berpikir kreatif kelompok siswa yang diajarkan dengan model project based learning dan kelompok siswa yang diajarkan dengan pembelajaran biasa; (2) perbandingan kemampuan berpikir kreatif kelompok siswa yang memiliki sikap ilmiah tinggi dengan kelompok siswa yang memiliki memiliki sikap ilmiah rendah; (3) interaksi antara project based learning dan pembelajaran biasa dengan sikap ilmiah dalam mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif; dan (4) aspek kemampuan berpikir kreatif yang paling berkembang melalui model project based learning. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas V SDN 132415 Kota Tanjungbalai tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling yakni kelas VA dan VB. Instrumen penelitian ini berupa tes kemampuan berpikir kreatif dan angket sikap ilmiah. Analisis data dilakukan menggunakan anava dua jalur. Hasil analisis data diperoleh bahwa kemampuan berpikir kreatif kelompok siswa yang diajarkan dengan project based learning lebih baik dibanding kelompok siswa yang diajarkan dengan pembelajaran biasa (sig.= 0,000 < 0,005). Kemampuan berpikir kreatif kelompok siswa yang memiliki sikap ilmiah tinggi lebih baik dibanding kelompok siswa yang memiliki sikap ilmiah rendah. Terdapat interaksi antara project based learning dan pembelajaran biasa dengan sikap ilmiah dalam mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif. Aspek kemampuan berpikir kreatif yang paling berkembang yaitu kemampuan berpikir lancar. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model project based learning dan sikap ilmiah berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.35 Lub p |
Keywords: | Kemampuan Berpikir Kreatif; Project Based Learning;Sikap Ilmiah; Siklus Air |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 29 May 2023 08:24 |
Last Modified: | 29 May 2023 08:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51189 |